Home » Asam Urat » 5 Menu Diet untuk Penderita Asam Urat

5 Menu Diet untuk Penderita Asam Urat

Published On: September 25th, 2021/Categories: Asam Urat, Diet/5.7 min read/

Asam urat merupakan suatu penyakit radang sendi yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin pada persendian sehingga terasa nyeri jika digerakkan, biasanya terjadi pada pergelangan dan kaki, ibu jari, dan lutut kaki. Penyakit asam urat memang sulit untuk disembuhkan secara total, namun Anda dapat mengurangi gejala nyerinya dan mencegah penyakit ini semakin parah. Salah satu caranya adalah dengan mengelola makanan sesuai dengan menu diet asam urat.

Mengapa harus mengikuti diet asam urat?

Kristal asam urat jika menumpuk di sendi dan tendon dapat membentuk penyakit lain seperti batu ginjal. Diet untuk asam urat disebut juga diet rendah purin yang menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah dan mengurangi risiko komplikasi parah. Orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darah memiliki kondisi yang disebut hiperurisemia, dan diet rendah purin dapat membantu menurunkan kadarnya.

Selain itu diet rendah purin juga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas untuk menurunkan berat badan. Perubahan ini dapat mencegah batu ginjal dan kambuhnya asam urat. Sangat penting untuk menjaga kadar asam urat pada tingkat yang sehat. Tanpa perawatan yang tepat, serangan asam urat dapat terjadi lebih sering, mempengaruhi lebih banyak sendi, dan menyebabkan kerusakan tulang dan sendi serta komplikasi asam urat yang signifikan lainnya seperti penyakit ginjal dan diabetes.

Apa saja makanan pantangan asam urat?

Selain konsumsi obat-obatan, baik itu obat pereda nyeri maupun obat pengontrol kadar asam urat, pemilihan jenis makanan mempunyai peran penting untuk mengontrol penyakit asam urat. Zat purin yang sudah ada dalam tubuh juga ada dalam beberapa makanan, bahkan beberapa makanan termasuk kategori tinggi purin. Artinya penderita asam urat tidak boleh konsumsi makanan tinggi purin tersebut jika ingin kesehatan sendinya membaik.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat antara lain adalah :

  • Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dll.
  • Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dll.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll
  • Kaldu daging.

Selain daftar di atas, ada beberapa makanan yang masih aman dikonsumsi namun dalam jumlah sedikit, yaitu:

  • Tahu dan tempe.
  • Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur.
  • Makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin.

Ketahui Nilai BMI Anda Sebelum Mulai Diet. Gunakan Kalkulator BMI (IMT) MyMeal Catering Disini

Rekomendasi menu diet asam urat

Meskipun menjalani diet asam urat, tidak berarti Anda tidak bisa konsumsi makanan yang enak. Dikutip dari Halodoc, makanan dianggap rendah purin jika mengandung kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons (100 gram), jadi Anda tetap memiliki pilihan lainnya yang lebih sehat namun tetap enak dinikmati seperti bahan makanan yang sudah disebutkan di atas.

Berikut ini MyMeal rekomendasikan menu diet asam urat yang dapat Anda contoh untuk dimasak di rumah. Menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui, dan tak kalah lezat dibanding makanan pantangan asam urat yang tidak boleh Anda konsumsi.

1. Sup Wortel Makaroni

Sup menjadi menu andalan yang mudah dibuat dan aman untuk segala jenis diet, meskipun tetap ada beberapa modifikasi untuk menyesuaikan kondisi tubuh. Sup wortel makaroni salah satunya yang dapat menjadi pilihan menu makan Anda hari ini.

Bahan-bahannya adalah makaroni, wortel potong sesuai selera, bawang merah dan bawang putih diiris tipis, tomat, seledri, daun bawang, garam, air dan minyak canola menumis. Langkah pembuatannya tumis bawang merah dan putih hingga layu, kemudian masukkan tomat dan air. Setelah mendidih masukkan wortel dan diamkan sampai setengah matang, setelah itu masukkan makaroni. Langkah terakhir masukkan seledri, daun bawang & garam. Jangan lupa untuk mencicip sudah pas atau belum rasanya.

2. Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng yang nikmat dengan bumbu-bumbu rempah yang melimpah membuat makan siang semakin lahap. Bahan yang dibutuhkan adalah bumbu ayam kuning, daun jeruk, daun salam, air, ayam pejantan, lengkuas parut, dan daun jeruk.

Cara membuatnya panaskan bumbu ayam kuning, daun jeruk, daun salam, air, dan garam ke dalam wajan kemudian aduk rata dan masukkan potongan ayamnya. Masak dengan api kecil sambil sesekali waktu diaduk agar bumbu meresap ke dalam ayam. Sambil tunggu mendidih, sangrai lengkuas parut dengan sedikit bumbu kuning dengan api kecil hingga kecoklatan.

Setelah ayam ungkep selesai, ayam bisa langsung digoreng dengan minyak panas hingga matang, setelah itu sajikan dengan taburan lengkuas sangrai di atasnya.

3. Sayur Lodeh

Sayur lodeh khas Sunda yang segar cocok untuk disantap kapan saja. Khusus untuk menu diet asam urat, sayur lodeh yang Anda masak jangan ditambahkan buah dan daun melinjo karena bahan tersebut memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Bahan yang dibutuhkan adalah labu siam, terong ungu, jagung manis, susu, garam, gula merah, kemiri, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Cara membuatnya panaskan sedikit minyak dalam wajan, kemudian tumis kemiri, lengkuas, gula merah, bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan, kemudian angkat setelah matang.

Selanjutnya didihkan air dalam panci dan masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong, biarkan agak lama kemudian masukkan bumbu halus yang sudah ditumis tadi. Setelah itu tuangkan susu perlahan,

4. Corn Soup

Menu diet asam urat selanjutnya adalah corn soup atau sup jagung. Makanan ala barat ini juga aman dan sehat saat diet asam urat yang rasanya juga tak kalah lezat. Bahan yang dibutuhkan adalah air, jagung manis pipil, bawang bombay, tepung terigu, susu, minyak canola, garam, kaldu, gula, merica.

Cara membuatnya tumis bawang bombay hingga kecoklatan lalu masukan susu, tambah tepung terigu kemudian aduk hingga mengental. Tambahkan air, garam, kaldu, gula, merica dan jagung pipil kemudian aduk rata. Setelah matang Anda dapat menyajikannya dengan potongan roti dan taburan daun seledri.

5. Nasi Goreng Ayam

Bahan yang dibutuhkan adalah nasi, telur, daun bawang, wortel, buncis, dada ayam dipotong dadu, minyak canola, kecap, dan garam. Langkah pembuatannya panaskan wajan berisi minyak dengan api sedang kemudian masukkan nasi dan masak hingga kecokelatan. Tambahkan irisan daun bawang, wortel, dan buncis dan aduk hingga merata. Setelah sayur sudah empuk, sisihkan ke bagian samping wajan. Masukkan telur dan aduk hingga kuning dan putih telurnya tercampur rata. Setelah itu, gabungkan nasi dan bahan tadi dan masak hingga tercampur. Setelah itu tambahkan kecap lalu masak hingga matang.

Itulah beberapa rekomendasi menu diet untuk penderita asam urat ala MyMeal Catering. Anda juga bisa mendapatkan menu-menu tersebut jika berlangganan Healthy Meal dan melakukan request untuk menu diet asam urat atau rendah purin. Seperti menu yang tertulis di atas, MyMeal Catering hanya menggunakan minyak canola dan minyak zaitun yang kaya akan Omega-3 dan rendah lemak jenuh, serta tidak menggunakan santan melainkan susu sehingga aman untuk diet penyakit sekalipun.

Turunkan kadar asam urat Anda hingga normal dengan pola makan sehat yang disiplin. Langganan Medical Package dari MyMeal Catering, paket catering khusus diet medis atau pantangan, termasuk asam urat. Diet Anda akan dipantau langsung oleh ahli gizi. Ambil kesempatan konsultasi gratis sekarang!

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.