Kapan Waktu Makan yang Baik?

Penulis:

Devika

Kategori:

Update:

13 June 2023

Komentar:

0 Comments

Ketika bicara tentang memperbaiki pola makan yang lebih sehat, banyak orang yang hanya berfokus pada pemilihan menu dan porsi makan. Padahal, waktu makan yang baik juga perlu untuk diketahui. Waktu makan termasuk dalam salah satu faktor agar tubuh menjadi lebih sehat, karena jika jadwal makan kita berantakan dan tidak teratur akan berisiko terhadap kesehatan kita juga. Waktu makan yang baik ini masih awam diketahui banyak orang, untuk itu simak pembahasan dari MyMeal berikut ini.

Kapan waktu makan yang baik?

Masing-masing individu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, untuk itu jumlah porsi, jenis menu, dan waktu makan juga berbeda-beda. Standar untuk orang sehat yang tidak memiliki penyakit apapun dianjurkan untuk makan sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Beda halnya jika Anda memiliki penyakit asam lambung yang dianjurkan untuk makan dalam jumlah sedikit namun sering. Tak lupa juga untuk menyisipkan cemilan di setiap jadwal makan Anda agar makanan yang masuk lebih beragam dan seimbang.

Meski tidak ada aturan baku dalam pembagian waktu makan, berikut ini jadwal makan yang direkomendasikan dan dapat Anda ikuti.

Sarapan

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang penting. Setelah Anda tidur selama lebih dari 5 jam di malam hari, tubuh Anda perlu asupan nutrisi yang bergizi sebagai energi untuk beraktivitas. Bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan mungkin biasanya melewatkan sarapan, padahal sarapan dapat membantu program diet Anda. Sarapan dengan makanan yang tinggi serat seperti oat atau roti gandum dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu Anda menahan craving cemilan yang kurang sehat selagi menunggu waktu makan siang.

Sempatkan untuk selalu sarapan setidaknya satu hingga dua jam sebelum beraktivitas, misalnya antara jam 7-9 pagi. Pilihlah menu sarapan yang baik dan bergizi, tinggi serat dan bervariasi antara karbohidrat, protein, dan lemak. Contoh menu sarapan sehat yang dapat Anda coba adalah roti gandum panggang dengan telur, ditambah dengan segelas kopi atau teh tanpa gula untuk menambah semangat.

Sebisa mungkin hindari menu karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi atau makanan yang mengandung gula tambahan karena berisiko membuat Anda cepat merasa lapar dan mengantuk.

Makan siang

waktu makan yang baik

Foto: Reseppedia

Manfaatkan waktu makan siang yang telah disediakan sekolah atau perkantoran, biasanya berlangsung antara jam 12 hingga jam 1 siang. Mengutip dari laman Universitas Airlangga, waktu terbaik untuk makan siang sebaiknya setelah jeda waktu 2-3 jam setelah Anda konsumsi camilan pagi. Misalnya Anda sarapan pada jam 8 pagi dan konsumsi camilan sekitar jam 10 pagi, maka waktu makan siang yang baik adalah jam 12 siang.

Makan siang identik dengan menu makan berat dan sebenarnya tidak ada yang salah, namun Anda harus tetap pastikan untuk memilih menu yang bergizi seimbang, lengkap dengan sayur dan buah-buahan, serta dengan porsi yang tidak berlebihan.

Makan malam

Waktu makan malam yang disarankan adalah jam 5 hingga 6 sore, atau maksimal 3 jam sebelum waktu tidur Anda. Makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur Anda dapat berisiko menaikkan asam lambung karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Meskipun banyak orang yang melewatkan makan malam karena alasan diet dan takut gemuk, menghindari makan malam sama sekali tidaklah disarankan. Ketika Anda tidak makan malam, Anda akan merasa sangat lapar pada pagi harinya. Efeknya tubuh Anda akan “membalas dendam” dengan makan dalam porsi yang cukup besar, dan berisiko menaikkan kadar gula darah Anda.

Tidak hanya porsi dan pilihan menu, pengaturan jadwal makan penting untuk membuat tubuh jadi lebih sehat, apalagi jika Anda sedang dalam pemulihan penyakit atau pasca operasi. MyMeal Catering memiliki paket catering sehat dengan jadwal makan yang lengkap, yaitu 3 meals + 2 snacks dalam sehari untuk seluruh jenis paket. Langganan sekarang dan dapatkan gratis medical check-up dengan ahli gizi!

konsultasi ahli gizi gratis

Bagikan artikel ini:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel terbaru: