Home » Diet » Tren Diet Plant-Based, Apa Bedanya dengan Vegetarian dan Vegan?

Tren Diet Plant-Based, Apa Bedanya dengan Vegetarian dan Vegan?

Published On: December 22nd, 2021/Categories: Diet/2.9 min read/

Praktik diet plant-based semakin diminati banyak orang, tak terkecuali beberapa selebritis seperti Pandji Pragiwaksono, Tara Basro, hingga bintang film Spiderman, Jacob Batalon. Menerapkan diet ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Anda tertarik untuk menjalani diet ini?

Apa itu diet plant-based?

apa itu diet plant-based

Seorang ahli diet Abby Langer, R.D. mengatakan bahwa tidak ada definisi yang resmi untuk istilah plant-based, namun menurutnya istilah tersebut lebih mengarah pada pola makan yang sebagian besar adalah tumbuhan dan masih makan daging atau sumber hewani lainnya.

Berdasarkan pemaparan para ahli gizi tersebut, diet ini tergolong cukup fleksibel. Seperti namanya, diet ini mengutamakan makanan plant-based atau nabati sebagai asupan nutrisi sehari-hari, contoh makanan plant-based adalah:

  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan (polong, kacang tanah, almond)
  • Biji-bijian (chia seed, quinoa, gandum)
  • Umbi-umbian (labu, kentang, ubi, singkong)

Meskipun berfokus pada sumber makanan nabati, penting bagi Anda untuk tetap memasukkan beberapa menu hewani ke dalam diet Anda. Karena bagaimanapun tubuh Anda masih perlu beberapa nutrisi yang bersumber dari makanan hewani seperti zat besi, kalsium, vitamin D, vitamin B12, atau asam lemak sehat omega-3 yang dapat ditemukan di ikan salmon.

Perbedaan diet plant-based, vegetarian, dan vegan

perbedaan diet plant-based, vegetarian, dan vegan

Ada beberapa pendapat yang mengartikan bahwa ketika menjalani diet plant-based, Anda tidak mengkonsumsi daging hewan termasuk turunannya seperti keju, susu, telur, dan madu. Namun sepertinya ini disebabkan karena pengertian yang kabur antara istilah plant-based, vegetarian, dan vegan.

Vegetarian mungkin menjadi istilah yang lebih mudah dipahami karena cukup populer lebih dulu. Seseorang yang menjalani diet vegetarian tidak mengkonsumsi daging hewan sama sekali dan berfokus pada makanan dengan sumber nabati. Namun pada penerapannya, diet vegetarian masih memasukkan makanan turunan hewani seperti telur dan susu. Bahkan vegetarian juga dibagi lagi dalam beberapa kelompok seperti vegetarian lacto-ovo yang mengonsumsi susu dan telur, pescatarian yang mengonsumsi daging ikan, dan lacto-vegetarian yang mengonsumsi susu, keju, dan yogurt.

Sementara diet vegan adalah diet yang lebih dari vegetarian, yaitu benar-benar berhenti dari konsumsi produk hewani beserta turunannya. Seseorang yang menjalani diet vegan tidak mengonsumsi susu, mentega, hingga minyak ikan. Selain itu, seseorang yang mengadopsi diet vegan juga membawa prinsip vegan ke gaya hidupnya dengan menghindari pakaian atau kosmetik yang berasal dari hewan.

Langganan Catering Diet dengan Menu Vegetarian, Dapatkan Diskon 10%. Pesan Sekarang!

Apakah efektif turunkan berat badan?

Cara menghitung berat badan ideal yang mudah

Bagaimanapun jenis dietnya, jika Anda niatkan dan disiplin untuk menurunkan berat badan maka akan berhasil, sama halnya dengan diet plant-based ini. Makanan plant-based seperti sayuran hijau, buah alpukat, dan gandum yang kaya serat dapat membuat kenyang lebih lama dan menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh.

Selain memilih makanan yang berasal dari nabati dengan pemrosesan yang minimal, jangan lupa untuk menambahkan sumber makanan hewani sebagai variasi ke dalam menu diet Anda. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin D, vitamin B12, atau asam omega-3 dari minyak ikan.

Sebelum memulai diet, jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli gizi MyMeal Catering untuk menentukan rencana dan metode diet yang cocok untuk Anda. GRATIS! Dapatkan juga diskon 10% jika Anda berlangganan catering diet vegetarian bersama MyMeal Catering.

Konsultasi gratis disini

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo catering diskon 20%