Home » Asam Urat » Apa Saja Sayur Pantangan Asam Urat?

Apa Saja Sayur Pantangan Asam Urat?

Published On: May 7th, 2021/Categories: Asam Urat/4.1 min read/

Sayuran banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan serat, vitamin dan mineralnya membantu menjaga daya tahan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Namun bagi penderita asam urat, ternyata ada lho beberapa jenis sayur yang termasuk pantangan asam urat!

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh purin yang terdapat dalam tubuh dengan jumlah yang berlebih, sehingga zat tersebut mengkristal dan mengganggu aliran darah.

Penderita asam urat akan merasa nyeri pada suatu waktu pada sendi-sendinya, seperti jempol, pergelangan tangan dan kaki. Pada beberapa orang, keadaan ini dapat mengurangi kinerja ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Kadar asam urat normal pada wanita yaitu 2,5 – 7,5 mg/dL sementara pada laki-laki yaitu 4,0 – 8,5 mg/dL. Salah satu cara menurunkan asam urat adalah dengan melakukan diet rendah purin, yaitu membatasi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Makanan tinggi purin antara lain jeroan, makanan laut, dan beberapa jenis sayuran.

Sayuran pantangan asam urat

1. Asparagus

Sayuran ini memiliki kadar kalium dan folat yang sangat tinggi. Dalam setiap 100 gram asparagus, terdapat sekitar 23 gram asparagus.

Jika Anda penderita asam urat, konsumsi asparagus harus dibatasi maksimal 5 kali dalam seminggu. Atau sebaiknya hindari dan ganti dengan sayuran lain seperti okra dan daun bawang.

2. Melinjo

Suka makan emping? Kalau Anda memiliki penyakit asam urat, sebaiknya stop konsumsi sekarang juga!

Emping dibuat dari bahan dasar biji melinjo yang terkenal tidak baik bagi asam urat. Dalam setiap 100 gram melinjo, mengandung sekitar 150 mg purin. Maka itu, makan emping melinjo dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah.

Melinjo juga termasuk makanan yang tinggi kalori. Dalam 100 gram melinjo mengandung sekitar 350 kalori. Jadi, Anda tidak hanya berisiko memperparah asam urat, namun juga obesitas.

3. Kembang kol

Kembang kol sering ditambahankan sebagai bahan pelengkap sup atau capcay. Meski kaya nutrisi, sayuran yang satu ini tidak disarankan untuk penderita asam urat.

Dalam setiap 100 gram kembang kol, mengandung sekitar 51 gram purin. Daripada memperburuk kesehatan Anda, lebih baik Anda berhenti konsumsi kembang kol.

Baca juga: Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Sayuran yang baik untuk asam urat

Davao Medical School Foundation melakukan percobaan pada kelinci yang mengkonsumsi labu siam, hasilnya terdapat penurunan kadar asam urat sebesar 25% pada kelinci tersebut.

Labu siam bermanfaat dalam penurunan asam urat karena kaya akan serat yang membantu proses metabolisme, serta termasuk sayur yang rendah purin sehingga cocok dikategorikan aman sebagai sayuran untuk asam urat.

Mengutip dari Halodoc, bahwa labu siam adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Sebanyak 200 gram labu siam dapat memberikan 14 persen dari kebutuhan serat harian. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan program diet rendah purin adalah salah satu cara yang baik untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Kombinasikan dietnya dengan gaya hidup sehat dan rajinlah berolahraga.

Untuk memastikan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, lebih baik kamu konsultasikan ke dokter atau ahli gizi ya! Kamu bisa menghubungi ahli gizi MyMeal Catering yang siap membantumu untuk merencanakan program diet yang tepat. Selain itu, kamu juga akan dibantu agar bisa memilih makanan yang kamu suka dan tetap mengikuti ketentuan diet rendah purin yang kamu jalani.

belum yakin sayur yang termasuk pantangan asam urat? konsultasi dengan ahli gizi sekarang, gratis!
  • SFGate. Vegetables High in Purines.
  • Halodoc. Sayur Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari.

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo catering diskon 20%