Home » Asam Urat » Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Published On: June 17th, 2021/Categories: Asam Urat/3.2 min read/

Dalam tubuh manusia terdapat zat bernama purin yang jika jumlahnya terlalu banyak dapat menumpuk dan mengkristal di persendian, keadaan inilah yang disebut penyakit asam urat. Purin juga ditemukan dalam makanan, itulah mengapa jika Anda menderita asam urat, Anda wajib menghindari makanan pantangan asam urat agar rasa sakitnya tidak kambuh.

Rasa sakit yang dialami penderita asam urat memang tidak menentu, untuk itu Anda harus senantiasa menjaga kesehatan dengan berhenti konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Anda dapat menjalankan diet asam urat, yang dapat membantu juga untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Meskipun diet asam urat tidak menjamin Anda benar-benar sembuh, namun setidaknya meminimalisir risiko serangan asam urat yang mendadak dan kerusakan sendi yang semakin parah.

1. Jeroan

Seringkali kita luput memakan sate usus bersama bubur ayam, atau bagian paru dan jantung yang ada dalam soto. Jeroan memang sudah dikenal masyarakat sebagai makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Pasalnya makanan ini memiliki kadar purin tertinggi, jadi untuk Anda yang memiliki asam urat jangan coba-coba ya!

2. Makanan Laut

Siapa nih yang suka makanan laut? Rata-rata makanan laut seperti udang, cumi, ikan asin, kepiting, ikan teri dan sarden memiliki kadar purin yang tinggi. Untuk Anda yang menderita asam urat, batasi dulu konsumsi makanan ini ya!

Baca juga:

5 Rekomendasi Menu Diet Asam Urat

Pilihan Makanan Penderita Asam Urat

Sayuran Termasuk Makanan Pantangan Asam Urat?

3. Bayam

Meskipun bayam termasuk sayuran hijau yang kaya akan nutrisi seperti zat besi, beta karoten, dan vitamin C, sayangnya bayam tidak direkomendasikan untuk orang dengan penyakit asam urat. Alasannya adalah karena bayam memiliki kadar purin yang tinggi dan membahayakan jika sampai dikonsumsi kita atau kerabat yang memiliki penyakit asam urat.

4. Gula

Gula yang berlebih tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes, tapi gula juga salah satu bahan yang berpotensi membahayakan penderita asam urat. Dalam minuman dan makanan olahan, salah satu jenis gula yang sering dipakai adalah fruktosa. Fruktosa dari gula rafinasi dalam jus atau makanan diserap lebih cepat daripada gula dari makanan yang memiliki rasa manis alami yang perlu dipecah dalam tubuh. Penyerapan gula rafinasi yang lebih cepat dapat meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi. Untuk itu stop dulu ya makan dan minum yang manis-manis jika Anda memiliki asam urat.

5. Kembang Kol

Sama seperti bayam, kembang kol adalah salah satu jenis sayuran dengan kadar purin yang tinggi, dan membuatnya sebagai salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam makanan pantangan asam urat.

6. Daging Merah

Kadar purin yang ada pada daging merah tidak terlalu tinggi, namun jangan diabaikan. Anda tetap harus membatasi makan daging merah kurang lebih 170 gram setiap harinya.

Selain membatasi konsumsi dari makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus mengimbangi gaya hidup yang sehat. Rajinlah berolahraga dan minum air mineral yang cukup. Jika perlu, konsultasikan penyakit asam urat yang Anda alami ke dokter untuk mendapat petunjuk pengobatan.

Anda dapat menghubungi ahli gizi di MyMeal Catering yang siap membantu untuk merencanakan pola makan yang tepat. Selain itu, Anda juga akan dibantu agar bisa memilih makanan yang Anda suka dan tetap mengikuti ketentuan diet khusus asam urat yang Anda jalani.

konsultasi gratis catering diet asam urat

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.