10 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Penulis:

Devika

Kategori:

Update:

2 March 2023

Komentar:

0 Comments

Memiliki perut buncit merupakan salah satu tanda bahwa Anda kelebihan berat badan. Tidak hanya mempengaruhi penampilan, namun juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki perut yang buncit, sudah saatnya Anda ubah pola makan dan kebiasaan Anda. Simak cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang telah MyMeal rangkum pada artikel berikut ini.

Penyebab Perut Buncit

1. Terlalu banyak makan, minim olahraga

Makanan akan disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh, jika jarang olahraga maka lemak akan menumpuk, tak terkecuali di area perut.

Pemilihan jenis makanan juga berpengaruh, makanan tinggi kalori, lemak, gula, dan minuman alkohol bisa perut buncit.

2. Penumpukan gas

Perut kembung dapat terindikasi Anda punya masalah pencernaan. Gas yang tersimpan dalam perut akan membuat perut terlihat buncit. Periksakan ini ke dokter, karena Anda bisa saja mengalami iritasi saluran pencernaan.

3. Konstipasi

Konstipasi dapat menyebabkan perut buncit. Ketika feses tertahan di dalam usus besar cukup lama, perut akan terlihat buncit disertai rasa nyeri.

4. Stres

Apa hubungannya stres dengan perut buncit?

Seringkali dalam keadaan stres kita tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Hal ini juga mempengaruhi pola makan, kualitas tidur yang buruk, hingga tidak semangat untuk beraktivitas. Inilah yang mendukung kondisi perut semakin buncit.

Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Foto: Freepik

Pada wanita, perut buncit rentan dialami wanita yang menopause. Mengutip dari Mayo Clinic, lemak tubuh pada wanita menopause cenderung bergeser ke area perut.

Namun saat ini tidak terbatas pada wanita menopause, gaya hidup yang tidak sehat sejak remaja juga menyebabkan perut buncit yang sulit dihilangkan hingga usia dewasa.

Bagaimana jika perut Anda sudah terlihat buncit? Jangan khawatir, berikut tips cara untuk menghilangkan perut buncit pada wanita yang ampuh dan sehat dan efektif dari MyMeal.

1. Hindari makanan berlemak

Perut buncit disebabkan oleh lemak yang menumpuk di area perut, semakin banyak Anda konsumsi lemak, semakin menumpuk jumlahnya di tubuh Anda. Hal ini tentu membuat Anda semakin sulit menghilangkan buncit.

Beberapa rekomendasi makanan untuk diet seperti alpukat dan ikan salmon mengandung tinggi lemak, namun bukan lemak ini yang perlu Anda hindari.

Lemak trans lah musuh sesungguhnya.

Lemak ini biasa ditemukan di makanan cepat saji seperti roti dan daging panggang, untuk menggantikan mentega atau bahan-bahan lain untuk membuat makanan gurih.

Rasa lezat di mulut tidak sebanding dengan efek jangka panjangnya bagi kesehatan. Lemak trans berkontribusi pada lemak visceral, resistensi insulin, hingga penyakit jantung.

2. Stop konsumsi minuman manis

Anda mungkin tidak mengetahui berapa jumlah gula yang ditambahkan ke minuman manis yang Anda beli di kedai.

Gula adalah salah satu sumber karbohidrat sederhana, yang cepat diproses dalam pencernaan. Sebanyak apapun Anda minum minuman manis, tidak akan membuat Anda kenyang.

Bagi Anda yang memiliki “sweet tooth”, ganti minuman manis tersebut dengan buah yang memiliki pemanis alami.

3. Kurangi asupan garam

Mengurangi asupan garam merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengecilkan perut buncit. Terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium/sodium) dapat menyebabkan penimbunan air dalam tubuh dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Ketika membeli makanan kemasan, perhatikan label nutrisi, pilih produk yang rendah garam atau bebas garam. Saat memasak pun coba untuk mengurangi garam, dan menggantinya dengan rempah-rempah lain seperti bawang dan jahe.

4. Lakukan olahraga kardio

Menghilangkan lemak pada area perut, Anda tidak bisa hanya fokus olahraga perut saja. Olahraga terbaik adalah yang memaksimalkan seluruh tubuh untuk bergerak, karena jika Anda hanya melakukan sit up, plank, atau push up saja hasilnya tidak maksimal.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit terbaik adalah kardio. Aktivitas kardio yang bisa Anda pilih antara lain:

  • Jalan cepat
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Lari

5. Sarapan dengan makanan tinggi protein

Sarapan akan membantu mengontrol nafsu makan Anda sebelum makan siang tiba, selain itu, sarapan juga bermanfaat untuk meminimalisir risiko diabetes, penyakit yang sering disebabkan oleh obesitas.

Sarapan dengan bahan makanan alami seperti buah-buahan, sereal gandum utuh, oats, kacang-kacangan, dinilai dapat membantu mengatasi lemak perut yang membuat buncit.

Di samping bahan alami, pilih juga sumber protein tinggi yang sehat untuk sarapan. Jumlah protein yang dimaksud sekitar 230 gram. Konsumsi protein yang membuat kenyang di pagi hari menjadi cara yang sehat untuk membantu mengecilkan perut buncit pada wanita.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur di malam hari bisa membuat Anda lebih lapar di keesokan harinya, bahkan setelah makan pun Anda bisa terus merasa lapar. Semakin sulit untuk mengontrol berat badan.

Sudah dibuktikan dalam penelitian pada 2022, orang yang tidur empat jam sehari memiliki 9% peningkatan lemak subkutan perut dan 11% peningkatan lemak visceral, dibandingkan dengan mereka yang tidur 9 jam sehari.

Mengacu pada Kemenkes, orang dewasa dengan usia 18-40 tahun membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

7. Perbanyak makanan tinggi serat

Salah satu cara untuk menurunkan lemak perut adalah dengan menurunkan berat badan. Konsumsi serat membantu menekan nafsu makan secara alami dan sehat, utamanya jenis serat larut.

Mengutip dari Healthline, serat larut dapat membantu mengontrol hormon ghrelin yang mengendalikan rasa lapar. Menekan nafsu makan akan mengurangi asupan kalori, yang dapat menurunkan berat badan

8. Atur porsi makan

Ketika Anda diet, Anda cenderung membuat makanan dengan bahan alami yang sehat dan minim pemrosesan. Namun cara ini bisa gagal juga jika Anda tidak memperhatikan porsinya.

Jumlah kalori yang masuk ke tubuh harus lebih kecil dari kebutuhan jika ingin menurunkan berat badan, atau disebut juga defisit kalori. Dengan turunnya berat badan, perut buncit pun perlahan hilang.

Untuk melakukan defisit kalori, Anda harus tahu betul berapa kebutuhan kalori harian Anda, sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, dan kurangi kalori dalam batas yang sehat dan aman.

9. Kelola stress

Berdasarkan penelitian dari Yale, wanita yang tidak gemuk bisa berisiko memiliki perut yang buncit akibat dari stres.

Salah satu profesor dari Yale, Elissa S. Epel, Ph.D., mengatakan bahwa wanita dengan lemak perut yang berlebih cenderung memiliki mood yang negatif dan tingkat stres yang cukup tinggi.

Untuk itu, niatkan untuk mengecilkan perut dengan cara yang menyenangkan, meskipun perkembangannya lambat, yang terpenting adalah hasil yang sehat.

10. Lakukan bersama teman

Salah satu cara mengecilkan perut yang minim stres adalah melakukannya bersama teman. Anda bisa mengikuti komunitas olahraga atau komunitas diet di lokasi terdekat dengan Anda.

Melakukan diet bersama orang dengan tujuan yang sama membuat mood Anda jadi lebih baik, karena Anda tidak perlu berjuang sendirian, bisa saling memberi semangat, dan juga menambah teman baru.

Bebaskan Diri dari Perut Buncit

Bisa dikatakan cara untuk menghilangkan perut buncit perlu waktu yang tidak sebentar agar hasilnya maksimal dan tubuh tetap sehat. Selain olahraga, Anda pun perlu mengatur pola makan sesuai kalori saat diet, dan mengelola kesehatan mental yang berpengaruh.

Jalani diet sehat untuk hilangkan perut buncit bersama MyMeal Catering. Dengan Weight Management Program, diet Anda tidak akan sulit dan minim stres. Anda akan didampingi ahli gizi pribadi dengan meal plan yang dibuat khusus untuk keberhasilan diet Anda.

Hubungi MyMeal sekarang dan dapatkan 30 menit sesi konsultasi gizi online gratis!

konsultasi ahli gizi gratis

  • Covassin, N., Singh, P., McCrady-Spitzer, S. K., St Louis E. K., Calvin, A. D., et. al. (2022). Effects of Experimental Sleep Restriction on Energy Intake, Energy Expenditure, and Visceral Obesity. Journal of the American College of Cardiology, 79(13), 1254-1265. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2022.01.038
  • Leidy, H. J., Hoertel, H. A., Douglas, S. M., Higgins, K. A., & Shafer, R. S. (2015). A high-protein breakfast prevents body fat gain, through reductions in daily intake and hunger, in “Breakfast skipping” adolescents. Obesity (Silver Spring, Md.), 23(9), 1761–1764. https://doi.org/10.1002/oby.21185
  • Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Oleh Tubuh. Diakses pada Februari 2023 dari https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh
  • Tops Exercise for Belly Fat. Diakses pada Februari 2023 dari https://www.webmd.com/fitness-exercise/top-exercises-belly-fat
  • Study: Stress may cause excess abdominal fat in otherwise slender women. Diakses pada Februari 2023 dari https://news.yale.edu/2000/09/22/study-stress-may-cause-excess-abdominal-fat-otherwise-slender-women

Bagikan artikel ini:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel terbaru: