Home » Diet » 5 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Secara Alami

5 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Secara Alami

Published On: September 30th, 2022/Categories: Diet/6.8 min read/

Menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu terdengar mustahil, namun sebenarnya hal ini mungkin untuk diwujudkan. Jika Anda berniat melakukannya, Anda harus siap dengan segala konsekuensinya.

Bagi Anda yang sedang mencari cara turun berat badan dengan cepat kemungkinan sedang dalam situasi genting, misalnya calon pengantin atau ada acara tertentu yang mengharuskan tubuh Anda muat dengan kostum yang disediakan.

Beberapa metode diet diklaim bisa membantu turun berat badan dalam waktu singkat, sebut saja diet GM (General Motors) atau diet detoks dengan sayur dan buah. Perlu diketahui bahwa diet ketat dalam waktu yang singkat bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk itu pendampingan dengan dokter sangat penting jika ingin melakukan diet ini.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu makro nutriens yang dibutuhkan tubuh. Ketika diet, konsumsi karbohidrat yang perlu dihindari adalah karbohidrat sederhana dan karbohidrat olahan (refined carbs). Jenis karbohidrat ini cepat diproses oleh tubuh, sehingga membuat Anda lebih cepat lapar. Makanan yang termasuk jenis karbohidrat ini adalah nasi putih, pasta, dan roti putih.

Terapkanlah pola makan rendah karbo. Sebagai pengganti dari karbohidrat, Anda bisa menambah konsumsi protein dari telur, daging tanpa lemak, dan ikan. Protein akan membantu meningkatkan sistem metabolisme Anda.

Meskipun dalam buah dan sayur tetap ada karbohidrat, pastikan Anda tetap konsumsi, namun pilih yang rendah karbohidrat seperti alpukat, semangka, timun, bayam, brokoli, zukini, tomat, dan kembang kol.

2. Perbanyak waktu olahraga

Setiap makanan yang kita konsumsi pasti mengandung kalori, dan olahraga adalah cara yang paling efektif untuk menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh. Proses pembakaran kalori saat olahraga akan mempercepat Anda menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu, fokuslah pada jenis olahraga untuk membentuk massa otot, serta latihan daya tahan seperti aerobik dan angkat beban. Jenis olahraga ini akan membuat seluruh tubuh Anda bekerja, sehingga proses pembakaran kalori bisa lebih efektif.

Jika Anda tidak punya banyak waktu, jadwalkan latihan aerobik minimal 30-60 menit saja dalam sehari. Semakin Anda konsisten, semakin cepat hasil yang akan didapat.

3. Atur waktu tidur yang cukup

Orang yang sering begadang berisiko lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Proses metabolisme dalam tubuh yang seharusnya dilakukan ketika tubuh kita istirahat pun akan terganggu. Selain itu, begadang identik dengan makan camilan yang tentu akan menggagalkan proses diet.

Kurang tidur juga mengundang berbagai penyakit seperti stres, obesitas, hingga hipertensi (tekanan darah tinggi). Untuk itu aturlah jadwal istirahat yang tepat, pada umumnya orang dewasa perlu tidur 6-8 jam sehari.

4. Tidak konsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji dikenal tinggi kalori, gula, dan garam (natrium) yang tentunya bisa menggagalkan diet Anda. Makanan ini mungkin dipilih Anda pekerja kantoran yang punya waktu sedikit saat makan siang.

Anda harus fokus ke tujuan diet dan rentang waktu yang sudah Anda tentukan. Jika berniat ingin turun berat badan dalam 1 minggu, tentu jenis makanan yang Anda pilih tidak boleh sembarangan. Buatlah bekal makanan sendiri dari rumah, dengan begitu Anda tidak perlu membeli makanan cepat saji untuk makan siang saat di kantor.

Alternatif lainnya adalah Anda berlangganan catering sehat dengan MyMeal Catering. Program diet Anda akan didampingi ahli gizi sehingga jelas dan terukur, namun Anda tidak perlu pusing memikirkan menu makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

5. Fokus pada konsumsi protein sehat

Walaupun sedang melakukan diet ketat, kamu juga tetap harus memerhatikan makanan yang kamu konsumsi tetap bergizi seimbang. Di antaranya adalah lemak, protein, sayuran dan karbohidrat kompleks.

Jumlah protein cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan massa otot. Untuk laki-laki, konsumsi protein disarankan sebanyak 56-91 gram per hari. Sedangkan untuk wanita dianjurkan sebesar 46-75 gram dalam sehari.

Beberapa sumber makanan yang mengandung protein adalah ikan, daging, biji-bijian dan telur.

Amankan Turun Berat Badan 5 kg Dalam Seminggu?

menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Foto: Freepik

Idealnya, penurunan berat badan yang sehat adalah hingga 1 kg per minggu. Penurunan berat badan yang cepat dalam waktu singkat biasanya tidak akan bertahan lama, bahkan berat badan bisa lebih tinggi dari sebelum diet.

Hal ini dikarenakan saat diet ekstrim, tubuh dipaksa untuk menekan konsumsi kalori yang sangat rendah, namun tetap beraktivitas, bahkan ditambah olahraga. Sehingga, ketika tubuh merasa lelah dan kekurangan energi, tubuh akan “menagih” asupan yang kurang tersebut pada periode berikutnya.

Daripada mengusahakan diet dalam jangka waktu yang singkat, cobalah terapkan 5 cara diet alami dari MinMeal diatas, sambil diingat tips berikut ini untuk membuat penurunan berat badan yang sehat.

1. Memahami tujuan diet

Pahami kembali tujuan diet Anda. Jika angka BMI Anda sudah termasuk obesitas, niatkanlah diet untuk kembali sehat karena obesitas bisa mengundang berbagai masalah kesehatan. Faktor pendorong ini termasuk faktor instrinsik yaitu pendorong dari dalam diri sendiri dengan kemauan agar lebih sehat.

Faktor lainnya yaitu faktor ekstrinsik yaitu dari luar, misalnya Anda ingin menurunkan berat badan agar lebih kurus dan membentuk tubuh yang lebih ideal. Namun sayangnya, sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan dorongan ekstrinsik cenderung fokus kepada penurunan berat badan jangka pendek. Artinya, berat badan bisa saja turun dalam waktu singkat, namun tidak bertahan lama.

2. Atur jangka waktu yang realistis

Jika Anda memutuskan untuk menurunkan berat badan, penting untuk menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai.

Menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu merupakan perubahan yang sangat cepat dan kurang realistis. Fokuslah kepada penurunan berat badan yang sehat, meskipun lambat namun efeknya bertahan jangka panjang.

Jadikan pola makan sehat sebagai bagain dari keseharian Anda, kemudian selingkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk olah raga. Pola hidup sehat ini secara tidak langsung akan menjadi kebiasaan yang baik dan bonusnya berat badan ideal akan Anda dapatkan.

3. Hindari konsumsi kalori yang terlalu rendah

Jangan jadikan diet sebagai hal yang mengerikan dan menyiksa diri. Produk-produk seperti pil langsing, minuman detoks, atau minuman meal replacements adalah produk yang seharusnya Anda hindari.

Produk tersebut tidak sepadan dengan uang yang Anda keluarkan, belum lagi risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan. Pola diet yang sehat, sesuai dengan kebutuhan kalori harian, akan mendatangkan manfaat yang jauh lebih baik dari sekadar penurunan berat badan.

4. Jalani diet dengan dampingan profesional

Program diet yang Anda lihat di internet, atau yang dipasarkan oleh influencer kesehatan belum tentu cocok untuk Anda. Ada faktor-faktor seperti perbedaan berat badan, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi kesehatan yang akan mempengaruhi diet.

Konsultasilah dengan ahli gizi atau dokter terdekat dari lokasi Anda. Saat ini pun sudah banyak platform konsultasi gratis dengan ahli gizi, salah satunya dari MyMeal Catering. Profesional akan membantu dalam screening awal kondisi kesehatan dan menentukan pola diet dan meal plan yang tepat sesuai tujuan Anda.

Diet yang didampingi ahli gizi akan membuat perjalanan diet menjadi lebih terukur dan aman. Pastikan Anda konsultasi dengan ahli gizi yang terdaftar, bukan sekadar influencer dari sosial media. Mengikuti program penurunan berat badan dari orang yang tidak memenuhi syarat bisa berbahaya, apalagi jika melibatkan pembatasan kalori yang ekstrem, mengharuskan konsumsi suplemen, minuman detoks, atau rutinitas olahraga ekstrem.

Penurunan berat badan yang cepat, seperti 5 kg dalam 1 minggu adalah hal yang mungkin dan banyak orang yang berminat melakukannya. Padahal, hal itu bisa merugikan kesehatan fisik dan mental Anda.

Jika berniat untuk menurunkan berat badan, fokuslah kepada pola diet yang sehat, perlahan namun pasti dan bertahan dalam jangka panjang.

konsultasi ahli gizi gratis
  • List of the Best Low-Carb Fruits and Vegetables. Diakses pada 21 Sept 2022 dari https://www.healthline.com/health/food-nutrition/low-carb-fruits-and-vegetables
  • Why You Shouldn’t Focus on Losing Weight in Just 1 Week. Diakses pada 21 Sept 2022 dari https://www.healthline.com/nutrition/lose-10-pounds-in-one-week
  • Mroz JE, Pullen CH, Hageman PA. Health and appearance reasons for weight loss as predictors of long-term weight change. Health Psychol Open. 2018 Dec 5;5(2):2055102918816606. doi: 10.1177/2055102918816606. PMID: 30574337; PMCID: PMC6299317.

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo catering diskon 20%