Memiliki berat badan yang ideal menjadi tujuan semua orang. Jika kita bicara soal berat badan ideal bukanlah soal penampilan, melainkan salah satu upaya mencintai diri sendiri. Penampilan terkait dengan bentuk tubuh ideal, yang mana tidak sama dengan berat badan ideal. Bentuk tubuh yang bagus menurut beberapa orang, belum tentu sesuai standar kesehatan dengan berat badan yang ideal.

Berat badan yang kurang dari rata-rata beresiko terhadap penyakit anemia atau osteoporosis karena tubuh yang kekurangan nutrisi. Berat badan berlebih juga dapat beresiko terkena penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Penting bagi Anda untuk mengetahui berat badan ideal yang sesuai dengan karakteristik tubuh. Berat badan ideal untuk wanita dan pria pun tidaklah sama, selain itu juga dipengaruhi oleh faktor aktivitas fisik dan juga usia. Maka itu kita perlu mengetahui cara menghitung berat badan ideal sesuai keadaan tubuh kita. Berikut ini MyMeal berikan cara yang mudah untuk menghitung berat badan ideal.

Cara menghitung berat badan ideal

Rumus Broca adalah salah satu rumus untuk menghitung berat badan ideal. Rumus yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca ini berbeda antara pria dan wanita, hal ini karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh  berbeda. Pria lebih banyak memiliki massa otot, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuhnya.

Cara menghitung berat badan ideal wanita

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%].

Contohnya, jika Anda wanita dengan tinggi 155 cm, maka berat badan ideal Anda adalah sekitar 46 kg.

Cara menghitung berat badan ideal pria

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%].

Contohnya, jika Anda pria dengan tinggi 163 cm, maka berat badan ideal Anda adalah sekitar 56 kg.

Menghitung berat badan ideal dengan BMI

Cara lain untuk mengetahui berat badan ideal adalah menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). BMI merupakan metode alternatif untuk menghitung berat badan ideal seseorang. Rumus BMI pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Belgia bernama Adolphe Quetelet pada tahun 1830-1850. Namun rumus BMI yang saat ini digunakan berdasar pada Journal of Chronic Disease oleh Ancel Keys et al. (1972).

Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI tidaklah sulit. Rumus BMI untuk wanita, pria, bayi, bahkan ibu hamil berbeda-beda. Hal ini disebabkan dari kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda pula. Contohnya ibu hamil yang membutuhkan energi lebih banyak 300 kkal/hari daripada wanita yang sedang tidak hamil. Kenaikan kebutuhan ini dapat mempengaruhi kenaikan berat badan antara 7-11 kg selama masa kehamilan dan masih terhitung normal.

Baca juga: Panduan Lengkap Diet Untuk Ibu Hamil Sesuai Pedoman Gizi Seimbang

Bagi para orang tua, jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan berat badan anak Anda. Untuk anak-anak, interpretasi nilai BMI menggunakan persentil dari pada jenis kelamin dan usia yang sama seperti yang dapat dilihat pada Kartu Menuju Sehat (KMS).

Tips mendapatkan berat badan ideal

tips mendapatkan berat badan ideal

sumber: Liputan6.com

Setelah Anda mengetahui cara menghitung berat badan yang ideal, Anda perlu mencapainya dan menjaga agar berat badan tetap stabil. Ikuti tips berikut ini untuk mendapatkan berat badan ideal.

Atur pola makan sehat

Pastikan asupan makanan yang masuk ke tubuh dalam porsi yang seimbang. Tambahkan porsi atau variasi makanan jika perlu menaikkan berat badan, dan kurangi porsi makan jika Anda perlu menurunkan berat badan.

Selain porsi makan, nutrisi yang masuk juga harus diperhatikan. Meskipun Anda makan banyak jika minim zat gizi maka akan membawa dampak buruk juga bagi kesehatan. Sama halnya jika Anda mengurangi porsi makan, meskipun sedikit jika cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda maka tidak akan membuat tubuh lemas. Jika diperlukan Anda dapat mengkonsumsi multivitamin tambahan.

Olahraga

Olahraga selalu dianjurkan dalam mencapai gaya hidup yang sehat dan menjaga tubuh agar tetap fit. Aktivitas fisik yang sederhana pun dapat membantu untuk mempertahankan berat badan ideal. Anda bisa meluangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari untuk melakukan jogging, yoga, atau lompat tali.

Jika Anda sudah terbiasa rutin olahraga ringan, pertimbangkanlah untuk menambah beban untuk menaikkan massa otot dan menghancurkan lemak. Beban yang dimaksud tidak selalu berbentuk alat lho, Anda bisa gunakan beban tubuh Anda sendiri seperti dalam push up, squat, atau burpee.

Dengan olahraga Anda tidak hanya akan mendapat berat badan ideal namun juga bentuk tubuh yang baik.

Istirahat yang cukup

Waktu istirahat yang cukup juga berpengaruh terhadap kebugaran tubuh Anda, dan menjaga berat badan tetap seimbang. Pada umumnya anak-anak butuh waktu tidur 8 hingga 10 jam dalam sehari, sementara orang dewasa disarankan tidur 7 hingga 8 jam dalam sehari. Pastikan Anda mendapat waktu tidur yang cukup dan siapkan tempat tidur yang nyaman agar ketika kita bangun di keesokan harinya tubuh akan lebih segar.

Jangan lupa untuk cek kesehatan tubuh Anda secara rutin, dengan mengetahui kondisi tubuh sendiri kita akan lebih paham bagaimana cara menjaganya dengan baik. Mungkin bagi sebagian orang menjaga berat badan agar tetap ideal adalah hal yang sulit karena diperlukan disiplin yang tinggi. Karena jika tidak disiplin, berat badan ideal Anda tidak akan bertahan lama. Hubungi dokter gizi atau nutrisionis terdekat untuk berkonsultasi mengenai informasi lebih lanjut tentang program menjaga berat badan ideal.

Anda dapat menghubungi ahli gizi MyMeal Catering yang sudah berpengalaman dalam membantu pelanggan mencapai berat badan idealnya. Ahli gizi dan pelanggan MyMeal memiliki rasio 1:25 sehingga pelanggan akan dipantau terus perkembangan berat badannya oleh kami. Jika Anda yang termasuk ingin menurunkan berat badan, MyMeal Catering dapat berikan garansi turun hingga 3 kg dalam 2 minggu. Jangan ragu untuk konsultasi sekarang juga, GRATIS!

Konsultasi disini