Home » Kesehatan » Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Published On: August 13th, 2021/Categories: Kesehatan/2.5 min read/

Cara menghitung berat badan ideal sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan Rumus Broca. Rumus ini ditemukan oleh Pierre Paul Broca, ia mengatakan bahwa pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda. Pada pria lebih condong berotot, sedangkan wanita lebih banyak lemak.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

Jika kamu seorang pria yang memiliki tinggi badan 170 cm, cara menghitungnya:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

EX: (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63 (Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram)

Jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

EX: (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3 (Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram)

Anda juga bisa mengetahui berat badan ideal atau tidak lewat pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT)

IMT = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)

  • Sangat kurus : <17
  • Kurus : 17- <18,5
  • Normal: 18,5 – 25,0
  • Gemuk: > 25 -27
  • Obesitas: > 27

Anda juga bisa dikatakan obesitas bila memiliki lingkar perut seperti:

  • kurang dari 80 cm untuk perempuan
  • kurang dari 90 cm untuk laki-laki

IMT juga disebut dengan Body Mass Index (BMI). Metode alternatif untuk menghitung berat badan ideal. Rumus BMI ini pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan bernama Adolphe Quetelet pada tahun 1830. Rumus menghitung berat badan dengan metode BMI untuk pria, wanita dan ibu hamil berbeda-beda. Hal ini dikaernakan kebutuhan nutrisi pada setiap manusia berbeda-beda.

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Selain menghitung berat badan ideal, Anda juga harus tahu cara menjaganya. Anda tidak perlu membatasi asupan makanan, karena justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kuncinya adalah menyeimbangkan energi yang masuk ke tubuh dan yang keluar.

Anda bisa memperoleh hal tersebut dengan cara diet! Diet sendiri adalah upaya untuk menurunkan berat badan dengan membatasi asupan makanan. Tujuan diet ini adalah menambah atau menurunkan berat badan, serta memulihkan diri dari penyakit.

1. Mengatur Pola Makan

Aturlah porsi makan Anda sesuai kebutuhan. Kurangi sedikit demi sedikit jika Anda perlu menurunkan berat badan, dan tambah bila Anda perlu menambah berat badan. Bila perlu, tambahkan snack untuk menambah asupan energi harian.

2. Sarapan Secukupnya

Banyak orang melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan. Padahal, sarapan tidak hanya memberikan tubuh Anda energi untuk beraktivitas, tapi juga mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan pada siang dan sore hari.

3. Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah sama pentingnya untuk menambah maupun menurunkan berat badan. Keduanya serat yang membuat Anda kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah dan kolesterol, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

4. Makan Makanan alami

Anda bisa saja menambah berat badan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti junk food. Namun, makanan ini minim zat gizi bermanfaat seperti karbohidrat, protein, dan vitamin. Jadi, upayakan untuk selalu makan makanan yang alami.

5. Rutin Olahraga

Olahraga membantu membakar kalori bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Sementara bagi yang ingin menambah berat badan, olahraga bisa membangun massa otot. Pastikan Anda berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.

Anda bisa menghubungi ahli gizi MyMeal Catering yang sudah berpengalaman dalam membantu pelanggan mencapai berat badan idealnya. Ahli gizi dan pelanggan MyMeal memiliki rasio 1:25 sehingga pelanggan akan dipantau terus perkembangan berat badannya oleh kami. Jika Anda yang termasuk ingin menurunkan berat badan, MyMeal Catering dapat berikan garansi turun hingga 3 kg dalam 2 minggu.

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.