Home » Nutrisi » Pedoman Gizi Seimbang: Pengganti Slogan 4 Sehat 5 Sempurna

Pedoman Gizi Seimbang: Pengganti Slogan 4 Sehat 5 Sempurna

Published On: November 7th, 2022/Categories: Nutrisi/3.2 min read/

Istilah Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dikeluarkan Kementrian Kesehatan untuk memperbarui slogan 4 Sehat 5 Sempurna. Pedoman ini tidak hanya memberi petunjuk untuk menyusun pola makan yang sehat saja, namun dilengkapi arahan untuk menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat secara keseluruhan.

Prinsip Pedoman Gizi Seimbang berisi 4 pilar utama dan 10 pesan umum yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dibandingkan slogan 4 Sehat 5 Sempurna, pola konsumsi makanan sehat dalam PGS tidak hanya memandang zat gizi dan jenis makanan, namun porsi, kelompok usia, dan kebutuhan masing-masing orang juga akan menentukan pola makan yang tepat baginya.

Empat Pilar Gizi Seimbang

Gizi Seimbang memiliki 4 pilar untuk menyeimbangkan zat gizi yang masuk dan keluar dari tubuh, seraya memantau berat badan yang sehat. berikut adalah 4 pilar dari gizi seimbang.

1. Mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam

Kita tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang beragam jika makanan yang kita konsumsi setiap hari homogen atau sejenis. Nasi atau kentang diperlukan sebagai sumber karbohidrat. Daging ayam, sapi, tempe, tahu diperlukan sebagai sumber protein. Sayur dan buah-buahan diperlukan sebagai sumber serat dan vitamin.

Selain keberagaman jenis makanan, perhatikan pula porsi makannya. Porsi makan anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa, begitu pula porsi makan ibu hamil akan berbeda dengan wanita yang tidak sedang hamil.

Menurut PMK No. 41 Tentang Gizi Seimbang Tahun 2014, saat ini dianjurkan untuk lebih banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta membatasi makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi untuk meminimalisir risiko penyakit tidak menular. Jangan lupakan juga penuhi kebutuhan air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

2. Perilaku hidup bersih

Membiasakan diri untuk hidup bersih juga upaya untuk melindungi diri dari infeksi penyebab berbagai penyakit. Budaya hidup bersih yang dapat Anda terapkan antara lain:

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air
  • Menutup makanan yang disajikan
  • Menutup mulut jika bersin
  • Menggunakan alas kaki
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

Jika sedang sakit, ada baiknya Anda batasi aktivitas dengan orang lain agar tidak mereka tidak tertular penyakit juga.

3. Melakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik adalah salah satu upaya yang paling mempengaruhi keseimbangan kalori dalam tubuh Anda. Kalori ada dalam setiap makanan yang kita konsumsi, karenanya keseimbangan kalori atau zat gizi yang masuk dan keluar tubuh harus dijaga agar berat badan tetap normal.

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Olahraga ini dapat berupa senam, jogging, bersepeda, atau berenang. Memilih jalan kaki atau bersepeda daripada naik motor adalah langkah sederhana yang baik. Kerja bakti, merapikan rumah, bahkan berkebun juga jadi cara yang sederhana namun baik untuk menjaga tubuh kita tetap aktif.

4. Memantau berat badan secara rutin

Berat badan dapat dipantau melalui perhitungan indeks massa tubuh (IMT). IMT menunjukkan ukuran berat badan yang ideal berdasarkan tinggi badan seseorang.

Bagi orang dewasa, skala IMT sudah bisa jadi pedoman awal dalam menentukan berat badan yang normal, namun bagi bayi dan balita pengukuran ini dihitung berdasarkan penambahan usia. Catatan berat badan bayi dan balita dipantau lewat Kartu Menuju Sehat (KMS)

konsultasi ahli gizi gratis

10 Pesan Umum Pedoman Gizi Seimbang

Selain 4 pilar, Pedoman Gizi Seimbang juga memberikan 10 pesan yang dianjurkan untuk diterapkan sehari-hari yaitu:

  1. Mensyukuri dan menikmati aneka ragam makanan
  2. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  5. Membatasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak
  6. Melakukan aktivitas fisik yang cukup dan mempertahankan berat badan ideal
  7. Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir
  8. Membiasakan sarapan pagi
  9. Membiasakan minum air putih yang cukup dan aman
  10. Membiasakan membaca label pada kemasan pangan

Untuk mencapai hari-hari yang sehat dan terhindar dari penyakit, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang tidaklah cukup. Semua harus dibarengi dengan kebiasaan hidup bersih dan tubuh yang aktif bergerak. Itulah mengapa istilah 4 Sehat 5 Sempurna diperbarui dengan Pedoman Gizi Seimbang.

Yuk, kita bersama mempraktikkan Pedoman Gizi Seimbang!

  • Peraturan Menteri Kesehatan RI Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Diakses pada 7 Nov 2022 dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo catering diskon 20%