Home » Kolesterol » 5 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol

5 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol

Published On: November 12th, 2012/Categories: Kolesterol/2.5 min read/

Mengatur pola makan juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol. Selain pantangan, penting untuk Anda mengetahui makanan yang berperan sebagai penurun kolesterol.

Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang ada di seluruh tubuh. Kolesterol berperan dalam pembentukan hormon, vitamin D, dan membantu mencerna makanan. Selain dari dalam tubuh, kolesterol juga terdapat pada makanan seperti daging, keju, dan telur.

Untuk menurunkan kolesterol yang sudah tinggi, Anda harus mulai dari perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat. Hal ini termasuk perubahan pola makan dengan diet kolesterol, menjaga keseimbangan berat badan, dan olahraga rutin.

Simak daftar makanan penurun kolesterol berikut untuk membantu Anda lebih sehat.

1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung fitosterol yang membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan protein yang tinggi juga dimanfaatkan sebagai pengganti lemak jenuh dan daging.

Salah satu jenis kacang adalah kacang merah. Dalam sebuah penelitian mengatakan, konsumsi kacang merah 65 gram setiap hari dapat menurunkan kolesterol hingga 8 persen.

Selain kacang merah, kacang kedelai juga baik untuk kolesterol berkat kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Olahan dari kacang kedelai antara lain tempe, tahu, dan susu kedelai.

2. Makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 adalah jenis asam lemak yang terkenal baik bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Omega-3 banyak ditemukan pada ikan yang mengandung lemak seperti ikan salmon, sarden, dan tenggiri. Konsumsi ikan dengan omega-3 dua kali dalam seminggu membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

Selain ikan, omega-3 juga ditemukan pada kacang kenari.

3. Oats

Cara mudah menurunkan kolesterol adalah dengan mengganti sarapan Anda dengan oats atau sereal dengan bahan dasar oats.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, oats mengandung serat mudah larut yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Oats juga mengandung beta glucan yang mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

4. Sayuran hijau

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran seperti bayam dan seledri dianggap efektif untuk menurunkan kolesterol.

Seledri dikenal mampu mencegah oksidasi LDL, sedangkan bayam dapat menurunkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi rutin. Selain dibuat masakan, Anda bisa konsumsi sayuran sebagai smoothies atau jus penurun kolesterol.

5. Makanan dengan lemak dan minyak sehat

Orang dengan kolesterol tinggi bukan berarti dilarang makan gorengan, asal gunakan minyak yang sehat dan rendah kolesterol. Menurut Zaldy, owner MyMeal Catering, salah satu minyak sehat yang bisa digunakan adalah minyak kanola, yang juga digunakan MyMeal Catering.

Minyak sehat lainnya adalah minyak zaitun yang mengandung asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang menurunkan kolesterol jahat.

Sumber lemak sehat lainnya adalah alpukat dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sistosterol. Dari Journal of the American Hearth Association, konsumsi alpukat sehari sekali dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (LDL).

Kolesterol menjadi salah satu musuh yang bisa berisiko terhadap penyakit lainnya, sebut saja serangan jantung yang membahayakan nyawa. Ketika kolesterol sudah tinggi, Anda sudah tidak bisa menawar lagi selain konsumsi obat dari dokter dan menerapkan diet kolesterol dengan benar.

Hubungi MyMeal Catering sekarang untuk menurunkan kolesterol jahat Anda secara efektif.

konsultasi ahli gizi gratis

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.