Tips Agar Tetap Sehat Setelah Lebaran

By Published On: May 20th, 2021

Lebaran merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri lebaran biasa menjadi ajang silaturahmi serta kumpul bersama keluarga besar. Selain itu, momen lebaran terasa tidak lengkap apabila tidak ada acara makan besar dengan berbagai macam menu makanan enak seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng kentang, rendang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak sedikit dari kita yang berat badanya meningkat. Tidak hanya itu, bahkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan dan gula dapat memicu berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, setelah lebaran ada baiknya Anda mulai mengatur pola hidup agar tetap sehat setelah lebaran. Berikut tips menjaga kesehatan setelah lebaran ala MyMeal Catering!

1. Memperbaiki pola tidur

Dengan pola tidur yang baik, tidak hanya dapat mengurangi rasa kantuk tapi juga bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh dan mental.  Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Selain itu tidur juga dapat mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Manfaat utama meminum air putih adalah menjaga tubuh dari kurangnya cairan. Selain itu banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh pada saat meminum air putih secara teratur. Contohnya air dapat membantu proses metabolisme lemak. Minum cukup air sangat penting untuk membakar lemak dari makanan dan minuman, serta lemak yang tersimpan dalam tubuh.

3. Rajin berolahraga

Olahraga secara teratur dapat membantu proses pembakaran lemak pada tubuh secara lebih efektif. Selain itu olahraga juga dapat memicu produksi hormon dopamin. Hormon ini berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi. Oleh karena itu kita harus mulai membiasakan diri untuk berolahraga. Tidak perlu memilih jenis olahraga yang berat, Anda bisa mencoba mulai dari jalan santai, jogging, atau bersepeda.

4. Menjaga asupan gizi seimbang

Setelah mengkonsumsi banyak jenis makanan tinggi lemak dan kalori pada saat lebaran, sebaiknya Anda harus mulai mengatur pola makan yang lebih sehat. Untuk menjaga asupan gizi, dapat dimulai dengan mengurangi porsi nasi sehari-hari dan menghindari makanan yang mengandung banyak minyak dan gula. Serta diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk mendapat asupan serat, vitamin, dan mineral. Sehingga tubuh akan terasa lebih sehat.

Untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat bukanlah hal yang mudah. Terutama untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau memiliki penyakit seperti diabetes, asam urat, jantung, dan lain sebagainya. Karena saat menerapkan pola makan sehat, kita dituntut untuk benar-benar mengatur asupan jenis makanan apa saja yang akan dikonsumsi. Selain itu kita juga harus bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk makan dan apa saja yang baik untuk di konsumsi di waktu tertentu.

Untuk itu dengan menggunakan jasa catering sehat bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan itu semua. Dengan memanfaatkan jasa catering makanan sehat tentu saja akan memudahkan Anda untuk membantu menjaga asupan gizi yang seimbang. MyMeal Catering bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin atau membutuhkan pengaturan pola makan yang lebih sehat. Karena nantinya Anda akan didampingi langsung oleh ahli gizi profesional, sehingga kebutuhan gizi harian Anda akan terjamin. 

Dengan MyMeal Catering, segala kebutuhan Anda sudah disiapkan secara tepat dan profesional. Selain itu, makanan yang Anda pesan akan diantarkan oleh kurir delivery kami langsung ke tempat anda 3 KALI SEHARI secara GRATIS. Sehingga Anda tak harus repot-repot untuk memasak dan menyiapkan makanan. Anda juga dapat meminta cuti pengiriman jika diperlukan, hubungi kami sekarang disini.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.