Cara Ampuh Melawan Lemak Jahat

By Published On: May 27th, 2021

Seperti namanya, lemak jahat dikenal sebagai sumber berbagai penyakit. Contohnya stroke, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah, hingga penyebab perut buncit.

Menurut situs SehatQ lemak jahat adalah nama lain dari lemak jenuh atau lemak trans.

Konsumsi lemak jenuh disarankan tidak lebih dari 10 persen kalori harian Anda, karena lemak ini masih diperlukan tubuh meski dalam jumlah yang sedikit. Sumber dari lemak ini antara lain daging sapi, ayam, produk susu dan makanan olahan. Sedangkan untuk lemak trans disarankan tidak lebih dari 5 persen, inilah jenis lemak yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Makanan yang mengandung lemak jahat ini antara lain gorengan, roti, margarin, makanan cepat saji, dan makanan kemasan.

Cara mengatasi lemak jahat

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Sebelum kadar lemak jahat Anda tinggi, Anda dapat mengurangi konsumsi dari makanan yang mengandung lemak jahat dan menjaga pola makan dengan lebih sehat.

Namun, jika kadar kolesterol jahat Anda sudah termasuk tinggi, ada beberapa tips yang dapat MyMeal berikan untuk melawan lemak jahat di tubuh Anda.

1. Rutin berolahraga

Tidak perlu repot-repot pergi ke gym, cukup olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Contohnya skipping, dengan skipping selama setengah jam sehari, Anda bisa membakar hingga 300 kalori. Selain itu, push up dan sit up dapat menjadi pilihan untuk melatih otot lengan dan perut.

2. Kurangi stres

Biasanya stres dapat membawa hal negatif ke pola makan. Kemungkinan Anda akan sering lapar dan tidak dapat mengontrol apa yang Anda konsumsi. Jika makanan yang dikonsumsi mengandung lemak jahat, tentu akan membawa efek negatif pada kesehatan. Anda dapat melakukan relaksasi sederhana sebelum tidur selama 10-15 menit untuk meringankan pikiran Anda.

3. Selektif dalam memilih makanan

Cara yang utama dalam melawan lemak jahat adalah dengan mengontrol pola makan. Anda dapat mengurangi porsi hingga setengah dari porsi biasanya. Selain itu, Anda juga perlu selektif dalam memilih bahan makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan dengan tinggi serat, tinggi protein, dan yang mengandung lemak sehat.

Daftar makanan anti lemak jahat

Selain kegiatan yang telah MyMeal sarankan di atas untuk melawan lemak jahat, berikut ini ada daftar makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan lemak jahat dalam tubuh Anda. Selain itu, makanan ini juga sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan lho!

1. Buah-buahan

Buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C dapat berperan dalam pembakaran lemak menjadi energi. Jeruk, stroberi dan raspberry, dapat mengoksidasi 30 persen lebih lemak saat melakukan latihan normal. Buah-buahan tersebut juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk dalam makanan yang tinggi protein dan rendah kalori. Contohnya kacang kedelai yang mengandung lesitin yang dapat mengurangi lemak jahat serta meningkatkan HDL (kolesterol baik). Selain itu ada kacang polong yang merupakan sumber protein nabati dan kaya serat.

4. Ikan

Ikan seperti salmon, makarel dan tuna sudah dikenal memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu menurunkan lemak darah trigliserida dan kolesterol.

5. Putih Telur

Jika kuning telur terkenal tinggi kolesterol, berbeda dengan bagian putihnya. Putih telur mengandung 67% dari total protein dalam sebutir telur, dan protein ini tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak jenuh. Selain itu, putih telur juga tinggi protein tetapi rendah kalori.

Tips yang sudah MyMeal berikan memang membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Untuk mendapat hasil yang maksimal tentu harus konsisten, terutama dalam pengaturan pola makan. Karena jika Anda hanya fokus di awal saja, kemungkinan pola makan sehat Anda tidak akan bertahan lama dan mendatangkan kembali penumpukan lemak jahat dalam tubuh. Maka itu percayakan kepada MyMeal Catering untuk selalu menyajikan makanan sehat untuk Anda, membantu menurunkan lemak jahat serta membentuk kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan sehat. Jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli gizi MyMeal sekarang.

Bagikan artikel ini

2 Comments

  1. Michelle Tan 28 May 2021 at 2:49 pm - Reply

    ada paket untuk penurunan lemak kah? untuk area di Serpong BSD bisakah?

    • Admin 28 May 2021 at 3:50 pm - Reply

      Halo Michelle, untuk penurunan lemak bisa ambil Paket Weight Loss. Di paket tersebut juga ada macamnya seperti South Beach, Mayo, Keto, dan Atkins, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi ahli gizi kami di WA 08119055900 . Lalu, untuk pengiriman kami bisa ya melayani daerah Serpong BSD :)

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.