Home » Nutrisi » Mitos dan Fakta Gizi untuk Ibu Hamil

Mitos dan Fakta Gizi untuk Ibu Hamil

Published On: February 20th, 2018/Categories: Nutrisi/7.9 min read/

Berbicara mengenai pola makan dan gizi selama masa kehamilan, banyak beredar mitos mengenai gizi untuk ibu hamil. Adanya larangan serta anjuran konsumsi makanan tertentu yang “katanya” dapat berpengaruh terhadap perkembangan sang bayi, membuat ibu hamil yang kebingungan dalam menentukan informasi mana yang benar.

Pada kesempatan kali ini MyInfo akan membahas tentang makanan serta kebutuhan gizi untuk ibu hamil. Informasi ini dirasa penting karena beberapa ibu hamil justru percaya pada hal yang salah. Makanan yang harusnya baik untuk ibu dan janinnya dalam kandungan justru dihindari. Misalnya, ibu hamil dilarang makan buah nanas dan durian karena bisa sebabkan keguguran, lalu dianjurkan untuk rutin meminum minyak kelapa agar persalinan lancar. Benarkah mitos-mitos ini?

Apalagi saat usia kandungan masih muda, ketakutan akan terjadinya hal yang tidak diinginkan sangatlah besar. Nah, hal semacam inilah yang layak untuk diluruskan. Untuk itu, MyInfo sudah merangkum beberapa fakta penting mengenai gizi ibu hamil. Yuk disimak, jangan terjebak mitos yang salah ya!

1. Minum es menyebabkan bobot janin berlebih

MITOS

Faktanya bayi besar bisa disebabkan karena ibu hamil makam atau memiliki riwayat kencing manis. Jadi, penyebabnya bukan karena air esnya tetapi bisa jadi air es yang diberi sirup atau gula. Konsumsi air es saja (tanpa gula) akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai keringat atau air seni.

2. Bumil harus menghindari konsumsi kafein

FAKTA

Konsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan emosi, kegelisahan dan sulit tidur, serta berat badan bayi lahir rendah. Kafein juga menyebabkan ibu hamil berkemih lebih banyak dan dapat membuat ibu hamil dehidrasi.

3. Minum air kelapa hijau bisa membuat kulit bayi bersih

MITOS

Faktanya, air kelapa hijau memang diketahui tinggi kalori untuk memberi tenaga saat melahirkan dan mengandung elektrolit agar tidak dehidrasi. Namun, tidak ada kaitannya dengan kebersihan air ketuban atau kulit bayi.

4. Ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan mentah

FAKTA

Konsumsi makanan mentah saat hamil akan merengsang timbulnya rasa mual yang berlebihan. Selain itu, makanan mentah dikhawatirkan mengandung kuman atau bakteri yang berbahaya bagi perkembangan janin.

5. Konsumsi kepiting membuat anak jadi hiperaktif

MITOS

Faktanya, ibu hamil tidak diperbolehkan konsumsi kepiting yang mengandung logam berat seperti metil merkuri. Jadi, harus cermat dalam memilih kepiting yang berkualitas.

6. Konsumsi durian, tape, dan nanas membahayakan kandungan

FAKTA

Durian dan tape dapat membuat tubuh menjadi panas karena kadar alkohol yang cukup tinggi. Sementara mengkonsumsi nanas dengan rasa yang sangat asam dalam jumlah yang berlebihan dapat memunculkan kontraksi pada kandungan yang berisiko terjadinya keguguran.

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.