Menu makan siang sehat dan pastinya juga praktis tidak perlu menggunakan bahan yang mahal dan proses yang lama. Ternyata menu makanan yang sehat juga dapat kamu buat dari bahan yang sederhana yang bisa kamu temukan setiap harinya dengan mudah. Cara meamasaknya pun sangat praktis tanpa harus membuat kamu merasa kelelahan pada saat di dapur. Contohnya seperti makan siang sehat berikut ini :

  • Sup. Sup bisa menjadi pilihan menu makan siang, karena sup adalah menu praktis yang bisa kamu buat. Sup yang berisi sayur-sayuran dengan proses masak memasukkan sayuran yang lebih keras dahulu seperti kentang, wortel, jagung dan kubis. Untuk sayuran lainnya bisa kamu masukkan setelah sayuran sebelumnya matang. Bumbu yang biasa digunakan dalam membuat sup hanya berupa bawang putih, kaldu ayam dan garam serta sedikit merica saja.
  • Gado-gado. Gado-gado adalah makanan asli indonesia yang sangat praktis dan pastinya ini bisa menjadi menu makan siang kamu. Sayuran yang ada pada gado-gado sangat beraneka ragam, sayuran inilah yang mampu memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh kamu. Sambal kacangnya pun bisa memenuhi asupan protein di dalam tubuh kamu.
  • Sayur asam. Sayur asam juga bisa kamu jadikan sebagai makanan makan siang yang praktis. Selain kandungannya yang lengkap sayur asam memiliki banyak manfaat juga, karena bahan yang digunakan di dalamnya. Untuk menikmati sayur asam, kamu juga bisa menambahkan nasi dari beras merah daripada beras putih. Karena hal ini supaya gula yang ada di dalam tubuh kamu tetap seimbang dan mengenyangkan untuk waktu yang lama.
  • Pilih makanan berpaprika. Paprika memiliki khasiat yang luar biasa, terutama untuk kandungan antioksidan dan vitamin C. Paprika mengandung vitamin C lebih banyak dibanding jeruk. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan dan juga imunitas tubuh. Paprika juga mengandung pyridoxine (vitamin B6) yang memainkan peranan penting dalam otak.Anda bisa menambahkan paprika tumis, panggang yang sudah diiris ke dalam makanan Anda. Jika di restoran makan siang atau malam menyediakan sajian berpaprika sebaiknya jangan lewatkan sajiannya.

Selain itu adapun beberapa hal yang bisa dijadikan panduan dalam menentukan menu makan siang:

  • Telur tidak pernah salah. Telur sarat akan asam amino, protein, antioksidan, dan kolin yang baik untuk kesehatan otak.
  • Hindari konsumsi daging setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.
  • Jangan biasakan untuk menyela makan dengan minum. Makan sambil minum hanya akan mempersulit proses pencernaan makanan dalam perut. Ketika Anda minum di atara makan makanan padat, asam lambung dan enzim pencernaan akan hilang sehingga makanan padat akan sulit dicerna.