Daftar Makanan Pantangan Bagi Penyakit Asam Lambung

Penulis:

Devika

Kategori:

Update:

11 April 2023

Komentar:

0 Comments

Agar rasa sakit pada lambung tidak kembali muncul, orang dengan penyakit asam lambung harus cermat dalam memilih jenis makanan. Bahkan ada beberapa jenis yang termasuk makanan pantangan asam lambung dan harus dihindari agar mencegahnya kambuh dan tidak memperparah kondisi lambung. Simak selengkapnya berikut ini.

Daftar Makanan Pantangan Asam Lambung

Penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya cairan asam lambung hingga ke kerongkongan. Asam lambung ini menyebabkan area sekitar dada bagian bawah terasa nyeri dan panas.

Dikutip dari Halodoc, naiknya asam lambung merupakan gejala yang bisa dialami banyak orang. Jika sampai terjadi dua hingga tiga kali seminggu, berikut rasa nyeri, bisa jadi Anda mengalami GERD. Kondisi ini tidak bisa dianggap ringan dan harus segera menemui dokter.

Karena berhubungan dengan sistem pencernaan, jenis makanan yang dikonsumsi penderita tidak bisa sembarangan. Berikut makanan yang menjadi pemicu naiknya asam lambung.

1. Makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas bisa menimbulkan rasa mulas dan nyeri di area perut. Pada umumnya rasa pedas berasal dari cabai, dan dalam cabai terdapat zat yang bernama capsaicin. Zat ini berpotensi mengiritasi lambung dan melambatkan sistem pencernaan yang tidak bagus bagi seseorang dengan penyakit lambung.

Jika makanan terlalu lama tertahan dalam lambung, tentu akan menghambat proses selanjutnya ke usus. Selain itu, jika pengosongan makanan dalam lambung terhambat, produksi asam lambung akan semakin tinggi hingga naik ke esofagus.

Hal yang sama juga berlaku bagi makanan berlemak dan berminyak. Lemak merupakan salah satu zat yang lama diproses dalam pencernaan. Kedua jenis makanan ini dapat memperparah kondisi lambung Anda.

2. Kafein

Minuman berkafein dapat membantu Anda bersemangat di pagi hari, namun manfaatnya tidak lebih banyak dari risikonya jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Kafein dalam kopi contohnya, menyebabkan perut mengeluarkan asam lambung lebih banyak dan meningkatkan iritasi.

Meskipun sudah banyak kopi tanpa kafein (kopi decaf), jenis kopi ini tidak bisa benar-benar menghilangkan kandungan kafein, dan masih bisa membahayakan lambung. Jika penyakit Anda masih dalam kadar ringan, mungkin tidak apa konsumsi secangkir kopi di pagi hari. Namun, jika sudah muncul rasa tidak nyaman, Anda harus berhenti.

Baca juga: Inilah Perbedaan Maag dan GERD, Jangan Sampai Salah!

3. Buah yang asam

Beberapa jenis buah seperti jeruk, tomat, dan lemon memiliki sifat asam dan dapat memperparah penyakit lambung Anda. Makanan asam dapat memicu reflux dan menyebabkan gejala seperti terbakar di perut bagian atas, mulas, dan kembung. Baik itu sakit maag atau GERD, Anda harus berhenti konsumsi jenis makanan ini jika tidak ingin sakit Anda kambuh.

4. Bawang

Seperti yang diketahui bahwa GERD disebabkan oleh katup lambung yang melemah sehingga tidak menutup dengan sempurna. Ternyata, konsumsi bawang bisa menyebabkan efek yang sama yaitu melemahkan otot kerongkongan.

Sistem pencernaan yang terganggu membuat asam lambung mudah naik kembali ke kerongkongan. Selain itu, konsumsi bawang bisa membuat sering sendawa. Sendawa adalah salah satu gejala sakit maag yang jika dibiarkan akan memperburuk kenaikan asam lambung.

5. Alkohol

alkohol minuman yang membahayakan kesehatan

Foto: Unsplash

Konsumsi minuman beralkohol dapat membuat lambung iritasi dan mengikis lapisan perut yang membuatnya lebih sensitif terhadap asam lambung. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Tidak hanya berbahya bagi penderita asam lambung, alkohol juga membawa dampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan, yaitu:

  • Mengganggu sistem metabolisme
  • Menaikkan berat badan
  • Mengganggu fungsi hati
  • Menaikkan tekanan darah
  • Menyebabkan kerusakan jantung

6. Produk olahan susu

Seperti sudah dijelaskan bahwa lemak berpotensi mengiritasi lapisan lambung. Oleh karena itu produk olahan susu yang tinggi lemak juga termasuk makanan pantangan asam lambung.

Hindari juga makanan olahan yang menggunakan saus keju atau mayonais. Namun jika Anda masih ingin konsumsi, pilihlah varian yang rendah lemak dan rendah gula.

Selain perhatikan jenis makanan, jangan lupa untuk menghilangkan kebiasaan yang memicu sakit lambung kambuh. Kebiasaan tersebut diantaranya makan terburu-buru, langsung tidur setelah makan, bahkan menunda waktu makan.

Dapatkan pola makan yang tepat bagi penderita maag atau GERD dengan berlangganan catering khusus GERD dari MyMeal Catering. Anda bisa request menu makanan sesuai catatan dokter. Plus, ahli gizi kami akan berikan medical check up secara berkala untuk mendampingi proses pemulihan Anda.

konsultasi dengan ahli gizi gratis, terkait makanan pantangan penyakit asam lambung

Bagikan artikel ini:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel terbaru: