Hemmm, wangi durian di musim durian memang menggoda ya. Selain rasanya enak, buah durian ini punya banyak manfaat buat tubuh loh.

          Buah yang punya nama keren Durio zibethinuss Murr ini punya banyak variasi dari yang warnanya hijau muda, kuning, dan coklat, dengan bentuknya yang bulat ataupun yang lonjong. Besarnya berkisar antara 20-35cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg. Kulitnya yang keras dan berduri membuat durian sulit di buka, namun sebenarnya hal tersebut berguna untuk melindungi buah dari memar dan kerusakan ketika buah yang sudah matang dan jatuh dari pohon.

Durian

          Pada umumnya durian dimakan segar atau dibuat menjadi makanan penutup seperti milk shake, es krim, atau custrad. Di Indonesia, durian yang difermentasi dibungkus daun kelapa dan disajikan sebagai lauk populer disebut “Tempoyak”. Buah ini juga dicampur dengan beras dan gula untuk membuat makanan penutup yang disebut “Lempog”

          Di samping itu, biji durian dapat dipanggang atau dipotong-potong dan digoreng dengan minyak kelapa dan rempah-rempah, kemudian dimakan dengan nasi atau dicampur dengan gula untuk dibuat permen.

MANFAAT DURIAN:
Durian mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, berikut penjelasannya:

  1.      Sumber energi yang baik
  2. Satu porsi buah durian sebanyak 243 gr, mencakup 20 % karbohidrat dari kebutuhan harian anda.

  3.      Tinggi lemak dan kalori
  4. Itu berarti akan membuat anda kenyang!! Satu porsi tunggal buah Durian mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Untungnya, itu adalah jenis lemak yang baik sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Namun, kami merekomendasikan Anda tidak makan terlalu banyak karena pasti akan menambah berat badan juga.

  5.      Mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh ubuh
  6.           Buah durian adalah sumber vitamin C yang baik, berguna untuk melawan penyakit, membantu dalam penyembuhan luka, membantu menurunkan kolesterol, dan meningkatkan aliran darah

              Mengandung vitamin B, walau dalam jumlah yang sedikit, namun dapat mencegah penuaan dan penyakit jantung, juga meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan bahkan dapat membantu meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood Anda dan mengurangi depresi.

         Sumber thiamin yang baik. Thiamin dapat membantu tubuh Anda metabolisme karbohidrat menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.

              Buah durian juga mengandung tembaga dan besi yang diperlukan dalam pembentukan dan penciptaan sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu pertumbuhan tulang dan kesehatan kulit.

         Durian mengandung Kalium yang merupakan elektrolit penting untuk membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium Anda, dan membantu mengatur detak jantung Anda

              Terakhir, buah Durian mengandung banyak folat atau dikenal sebagai asam folat. Hal ini dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin (jika Anda hamil), bahkan membantu mengembangkan fungsi otak.

              Buah durian telah ada selama ratusan tahun tetapi baru sekarang mulai mendapatkan popularitas mainstream. Ada banyak manfaat kesehatan, tetapi pastikan Anda tidak makan terlalu banyak. Buah ini sangat bnayak mengandung zat gizi yang meliputi karbohidrat, kalori, dan lemak yang dapat menyebabkan berat badan Anda meningkat. Buah ini adalah buah yang tidak biasa tapi ketika dimakan dalam jumlah cukup, itu bisa menjadi buah yang sangat sehat!