resolusi sehat

Anda berniat mengubah beberapa kebiasaan buruk dan ingin membuat perubahan cerdas yang efeknya bisa bertahan lama?  Ada beberapa tips menarik yang dapat anda simak dari kuis berikut ini.

Kuis Kebiasaan Sehat:  Bagaimana Membuat Perubahan Yang Tahan Lama

  1. Lebih baik merahasiakan target anda agar orang lain tidak tahu jika anda gagal.
    • Benar
    • Salah

 

Jawabannya:
Salah.  Jangan menempuhnya sendirian.  Keluar dan bicaralah pada seseorang.  Dapatkan teman untuk bekerjasama.  Cari grup atau kelas pendukung.  Katakan pada teman atau anggota keluarga tentang rencana anda.  Memiliki dukungan, dapat menolong anda untuk bertahan.  Berbagi semua tantangan dan kesuksesan juga akan membuatnya jadi  lebih mudah dan lebih tidak menakutkan.

  1. Anda ingin mengubah 3 kebiasaan.  Yang terbaik untuk dilakukan adalah:
    • Menghentikan semuanya sekaligus, saat anda termotivasi.
    • Hentikan satu persatu.

Jawabannya:
Hentikan satu persatu. Sulit untuk mengubah terlalu banyak hal sekaligus.  Butuh waktu untuk membentuk suatu kebiasaan buruk, namun juga makan waktu untuk menggantikannya dengan yang baik.  Taklukan dulu satu, lalu beralih ke kebiasaan berikutnya.

  1. Hingga Juni, berapa persentase orang yang masih bertahan dengan resolusi tahun baru mereka?
    • 11%
    • 18%
    • 40%

Jawabannya:
40%.  Penelitian menunjukkan bahwa hingga pertengahan tahun, orang-orang yang memegang janji awal tahun mereka hampir mencapai setengahnya.  Dengan sikap dan pendekatan yang benar, anda dapat meningkatkan kesempatan anda untuk berhasil.

  1. Siapkan diri tergelincir sesekali.
    • Benar
    • Salah

Jawabannya:
Benar.  Setiap orang kadang mengalami beberapa kemunduran saat mencoba untuk membangun satu kebiasaan sehat.  Itu adalah bagian dari proses.  Bukan berarti anda telah gagal.  Maafkan diri anda sendiri jika jatuh dan pakai sebagai suatu kesempatan untuk mengenali apa yang jadi pemicu.  Apa anda dapat mengatasi kondisi berada di dekat teman-teman yang sedang merokok saat justru mencoba berhenti?  Jika tidak dapat, hindari situasi-situasi demikian.  Belajar dari kesalahan anda, dan tetaplah melangkah.

  1. Simpan upahnya sampai anda memenuhi target akhir.
    • Benar
    • Salah

Jawabannya:
Salah.  Upah/penghargaan, seberapapun kecilnya, dapat memotivasi anda.  Mereka akan mengingatkan anda akan kemajuan yang telah anda tempuh dan membuat segala sesuatunya lebih menyenangkan.   Untuk target berjangka pendek, penghargaannya lebih baik sesuatu yang sederhana dan mudah, misalnya: pergi ke bioskop, manicure, membeli sepasang sepatu baru, dll.  Berikan diri anda penghargaan yang besar saat meraih target yang juga lebih besar, seperti membeli perhiasan atau pergi berlibur.

  1. Jika anda belum membentuk satu kebiasaan baru dalam 3 minggu, anda harus menyerah.
    • Benar
    • Salah

Jawabannya:
Salah.  Banyak orang percaya bahwa perubahan dapat dibentuk dalam 21 hari, tapi penelitian menunjukkan bahwa tidaklah semudah itu.  Untuk sebagian orang, membentuk satu kebiasaan baru dapat memakan waktu hingga 2 bulan atau lebih.  Jangan berkecil hati jika hasilnya tidak terjadi lebih cepat.  Bukan berarti anda tidak akan sampai ke tujuan akhirnya.  Perlu waktu bagi otak kita untuk terbiasa dengan satu rutinitas baru.

  1. Mana target yang lebih baik?
    • Menebang kebiasaan menunda-nunda
    • Merencanakan pekerjaan anda sebelumnya

Jawabannya:
Merencanakan pekerjaan anda sebelumnya.  Ketika anda membuat target-target dengan cara positif dan memakai semua persyaratan yang berfokus pada tingkah laku tertentu yang ingin anda bangun, anda lebih mungkin berhasil.  Seringkali, lebih mudah membentuk satu kebiasaan baru daripada menghentikan satu kebiasaan buruk.

  1. Jika anda dapat membuang satu kebiasaan buruk hanya 1 hari dalam seminggu, itu dapat membantu anda menghentikannya selamanya.
    • Benar
    • Salah

Jawabannya:
Benar.  Memotong kebiasaan buruk anda dalam sejumlah kecil waktu akan membantu membangun kepercayaan diri bahwa anda dapat melepasnya secara permanen.  Jika anda dapat dengan mudah melakukannya, buatlah tantangannya jadi sedikit lebih sulit hingga anda mencapai target anda.   Contohnya, jika anda memangkas kebiasaan buruk tersebut 1 hari per minggu, cobalah untuk melakukannya selama 2 hari di minggu berikutnya

  1. Anda akan lebih mungkin meraih target menurunkan berat badan sebanyak:
    • 13,6kg (30 pounds) dalam setahun
    • 2,3kg (5 pounds) per bulan, selama 6 bulan

Jawabannya:
2,3kg (5pounds) per bulan, selama 6 bulan.  Target berskala besar dapat membuat anda frustasi dan mungkin membuat anda menyerah.  Pecah mereka menjadi beberapa target kecil yang lebih mudah.  Buat daftar tahapannya.  Untuk menyingkirkan 0.45 kg (1 pound) seminggu, anda dapat mencoba mengganti makanan pencuci mulut dengan buah-buahan, misalnya.  Catat dan pantau apa yang anda lakukan.  Orang yang melakukannya lebih mungkin berhasil.

Nah, siap mencoba? Yuk.

Disadur M Rusli dari WebMD, 23 Februari 2016, ulasan William Blahd, MD, 18 Desember, 2015

Sumber:
American Heart Association: “Making New Habits Permanent.”
American Psychological Association: “Making Lifestyle Changes That Last.”
“Solutions to Resolution Dilution,”
“The Key to Making Lasting Lifestyle and Behavioral Changes:  Is it Will or Skill?”
Brigham Young University:  “ How to Make New Habits.”
National Institutes of Health: “Making Your Resolutions Stick.”
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseaseas:  “Changing Your Habits: Steps to Better Health.”
Norcross, J.  Changeology, Simon & Schuster, 2012.
Norcross, J.  Journal of Clinical Psychology, April 2001.