Howdy, Salam Sehat untuk kita semua . . .

Artikel kali ini akan membahas tentang Buah yang sudah sangat familiar di sekitar kita. Berwarna merah, berbentuk seperti bola, namun sering dibuat sayuran juga.

Apa Hayo???

tomat

Yap, Benar!!!
Tomat . . .

Buah Tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum Mill adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur, dan sambal tomat agar rasanya lebih sedap. Kadang juga dimakan begitu saja sebagai lalap atau camilan.

Contohnya dalam sup, sayur asem, sambal tomat masakan lainnya. Selain itu, tomat juga sering dijadikan minumah seperti jus tomat. Namun selain enak dimakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan sebagai masker untuk wajah.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Salah satu senyawa yang paling banyak terkandung dalam buah tomat adalah betakaroten, terutama likopen, yang oleh tubuh likopen ini diubah menjadi vitamin A. Bersama vitamin C dan vitamin E yang terkandung, membuat tomat memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, buah tomat juga mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Kalsium, Magnesium, Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin.

Tomat-2

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikkan

  • Mengobati Jerawat
  • Urusan jerawat bisa ditaklukkan dengan tomat karena zat tomatinnya yang bersifat antiradang dan antibakteri. Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.

  • Menyehatkan Kulit
  • Vitamin B3 mampu menghaluskan kulit karena mampu melancarkan peredaran darah sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan.

  • Menghilangkan Komedo
  • Buah tomat bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Dengan menggunakan masker tomat secara teratur, Anda akan mendapatkan hidung mulus tanpa bekas merah-merah bekas memencet komedo.

  • Kulit Terbakar Sinar Matahari
  • Buah tomat bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Dengan menggunakan masker tomat secara teratur, Anda akan mendapatkan hidung mulus tanpa bekas merah-merah bekas memencet komedo.

  • Memutihkan Wajah
  • Selain menghilangkan jerawat dan komedo, tomat juga dapat membantu memutihkan kulit wajah. Caranya dengan membuat masker tomat dicampur dengan air lemon dan oatmeal. Oleskan campuran jus tomat, lemon dan oatmeal pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.