Home » Diet » Diet Mayo: Diet Populer untuk Turunkan Berat Badan

Diet Mayo: Diet Populer untuk Turunkan Berat Badan

Published On: January 7th, 2015/Categories: Diet/7.6 min read/

Diet mayo merupakan metode diet yang cukup populer di Indonesia. Banyak penyedia layanan catering diet yang menggunakan pola diet mayo sebagai acuan dalam penyusunan menu untuk pelanggannya, termasuk juga MyMeal Catering. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan penasaran dengan metode diet ini, berikut penjelasannya.

Apa itu diet mayo?

Mayo diambil dari nama pendiri Mayo Clinic, sebuah pusat penelitian klinis di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat yaitu doktor William Worral Mayo. Klinik Mayo pertama kali dibuka untuk penelitian klinis pada tahun 1859. Doktor William meninggal pada tahun 1911 dan kliniknya dilanjutkan oleh anaknya yaitu William James Mayo dan Charles Horace Mayo. Pada tahun 1950 klinik Mayo mulai melakukan penelitian mengenai diet rendah kolesterol untuk menurunkan kolesterol. Lalu pada tahun 1990 melakukan penelitian mengenai hubungan bentuk tubuh dengan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Klinik Mayo pertama kali mengeluarkan piramida makanan pada tahun 2000 bagi masyarakat yang ingin menurunkan berat badan. Piramida makanan ini diluncurkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan klinik Mayo bersama dengan Universitas Pennsylvania dan Universitas Alabama (Birmingham). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh asupan rendah kalori terhadap penurunan berat badan. Universitas Alabama merupakan pelopor penggunaan sayur sayuran dan buah buahan tanpa batas dalam program diet penurunan berat badan. Dan metode ini telah terbukti menurunkan berat badan tanpa membuatnya naik kembali.

Pola diet berdasarkan Mayo Clinic

piramida makanan diet mayo

Piramida makanan diet mayo. Foto: Mayo Clinic

Program diet mayo yang berasal dari Klinik Mayo merupakan program pengaturan makan yang berdasarkan pada piramida makanan sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan disertai dengan aktivitas fisik/olahraga teratur. Piramida makanan ini dibuat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Klinik Mayo bersama beberapa universitas ternama. Diet penurunan berat badan dengan prinsip memperbanyak konsumsi sayur dan buah ini telah terbukti tidak akan membuat berat badan kembali naik (efek yoyo).

Program ini dilakukan selama 12 minggu dengan hasil penurunan berat badan ± 1 kg/minggu. Selama program ini Anda akan diajarkan mengenai sumber zat gizi yang terkandung dalam beberapa bahan makanan, cara mengontrol porsi atau jumlah makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang penting untuk dilakukan. Program ini diluncurkan melalui situs resmi Mayo Clinic pada tahun 2007.

Piramida makanan sehat dari Klinik Mayo ini fokus pada bahan makanan padat yang mengandung energi rendah seperti sayur sayuran dan buah buahan. Sedangkan yang perlu diperhatikan atau dibatasi yaitu bahan makanan padat dengan energi tinggi seperti makanan penutup/tart/kue dan makanan instan yang telah diproses yang cenderung mengandung kadar gula tinggi. Pada gambar piramida di atas dapat dilihat bahwa semakin ke atas nilai energi yang terkandung dalam bahan makanan semakin tinggi dan dianjurkan untuk dibatasi asupannya.

Program penurunan berat badan dari Klinik Mayo terdiri dari 4 level yaitu level 1200kcal/hr untuk wanita, level 1400kcal/hr untuk pria, level 1600kcal/hr untuk wanita dan pria dengan BB 136kg atau lebih, dan 2000kcal/hr untuk mempertahankan atau fase maintenance. Selain pengaturan makan program dari Klinik Mayo ini juga menekankan pada aktivitas fisik. Beberapa aktivitas fisik/olah raga yang dianjurkan yaitu berjalan cepat, berenang, berkebun dan pekerjaan rumah tangga. Aktivitas fisik ini dilakukan minimal 30-60 menit/hr. Berjalan cepat akan membakar kalori 250-340kcal dan berkebun akan membakar 272 kkal. Selain dapat membakar kalori, olahraga jalan cepat juga akan meningkatkan fungsi jantung dan pernafasan.

Kombinasi antara pengaturan makan dan aktivitas fisik ini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung dan stroke. Penurunan berat badan yang terjadi hanya merupakan salah satu pengaruh dari program ini.

Ketahui Nilai BMI Anda Sebelum Mulai Diet. Gunakan Kalkulator BMI (IMT) MyMeal Disini

Fase pada diet mayo

Diet Mayo yang berasal dari Klinik Mayo (berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis) mulai secara resmi dipublikasikan dalam bentuk buku pada tahun 2010. Diet Mayo ini merupakan program pengaturan makan dan gaya hidup sehat yang dapat diterapkan seumur hidup. Masih sama dengan program dari Klinik Mayo yang telah diluncurkan sebelumnya melalui situs resmi, program yang dipublikasikan dalam bentuk buku ini juga memfokuskan pada pengaturan makan dan aktivitas fisik. Dalam program terbaru ini Klinik Mayo membaginya menjadi 2 fase yaitu fase Lose It dan Live It.

Fase Lose It

Selama 14 hari ini merupakan fase yang berat karena mulai diperkenalkan 5 kebiasaan sehat yang sebelumnya tidak pernah atau jarang dilakukan serta harus menghilangkan 5 kebiasaan buruk yang tidak sehat. Pada fase ini Anda akan mendapatkan penurunan berat badan ± 2.7 – 4.5 kg.

KEBIASAAN SEHATKEBIASAAN TIDAK SEHAT
SarapanMakan sambil menonton tv
Mengkonsumsi banyak sayur dan buahMengemil
Mengkonsumsi karbohidrat baik (gandum)Banyak mengkonsumsi makanan manis
Mengkonsumsi sumber lemak baikMengkonsumsi sumber lemak jahat
Berolah raga (minimal 30menit setiap hari)Makan di luar (restoran, rumah makan, fast food, dll)

Contoh menu fase Lose It :

Pagi1 cangkir yogurt + buah
SiangTuna & Pasta Salad ( tuna, pasta, wortel, zukini, 1 sdm mayonaise) + jeruk
MalamCheese pizza + Green salad (selada, tomat, bombay, jamur)
Snack1 buah Apel

Fase Live It

Fase ini dapat dilakukan seumur hidup. Dalam fase ini Anda akan mempelajari mengenai pemilihan bahan makanan, ukuran porsi makanan, perencanaan menu dan membiasakan gaya hidup sehat yang telah dilakukan pada fase Lose It. Pada fase ini Anda masih dapat menurunkan berat badan ± 0.5 – 1 kg/minggu. Aktivitas fisik atau olah raga yang teratur merupakan kunci utama pada fase ini.

Contoh menu fase Live It :

PagiRoti bagel + selai strawberry + pisang + susu skim
SiangSup sayuran + Salad + Yogurht
MalamGrilled chicken + baked potato+ steam broccoli+ Pear
SnackPopcorn

Hati-hati dengan pola diet yang salah

Program diet mayo yang populer di kalangan masyarakat ini dikenal sebagai fad diet mayo yang sampai sekarang tidak diketahui siapa pencetusnya dan sudah dipastikan bukan dikeluarkan oleh Klinik Mayo sehingga tidak ada bukti secara kliniknya. Program diet ini menjanjikan penurunan berat badan sebanyak ± 4,5 kg dalam 12 hari. Jika menginginkan penurunan berat badan lebih dari itu maka bisa “off” dulu selama dua hari kemudian mengulanginya kembali selama 12 hari, dan bisa turun hingga 22.7 kg selama beberapa bulan jika mengikuti diet ini. Diet ini merupakan diet rendah karbohidrat, tinggi lemak dan pembatasan asupan buah, roti dan produk susu. Meskipun pencetus diet mayo yang popular ini tidak diketahui namun pola menunya telah beredar luas di masyarakat internasional.

Pola menu diet mayo klinik yang palsu ini sudah beredar selama beberapa dekade. Awalnya hanya diketik pada tahun 1950an lalu digandakan dengan di fotokopi pada tahun 1970, kemudian melalui fax pada tahun 1980. Dan baru baru ini mulai diposting versi online via internet pada tahun 2007. Diet Mayo yang palsu ini juga dikenal sebagai diet grapefruit (jeruk keprok) karena buah ini harus dikonsumsi setiap kali makan. Buah ini merupakan kunci dari diet ini. Makanan tinggi lemak boleh dikonsumsi karena dipercaya dapat membuat Anda merasa kenyang. Buah-buahan dan sayuran dibatasi selama 12 hari program ini.

Berikut penuntun diet mayo yang palsu ini:

  • Kopi dan teh dibatasi 1 cangkir dalam sehari karena dapat mempengaruhi proses pembakaran lemak tubuh
  • Tidak diperbolehkan makan sayuran berwarna putih seperti kentang, bawang putih, jagung, roti, pasta, nasi dan buah-buahan.
  • Dianjurkan makan daging untuk sarapan dan salad untuk makan siang/malam
  • Tidak dianjurkan untuk makan makanan selingan diantara waktu makan karena jika mengikuti diet ini dengan taat Anda seharusnya tidak akan merasa kelaparan diantara waktu makan
  • Dianjurkan untuk minum air putih 1.9lt per hari
  • Makanan diperbolehkan digoreng menggunakan butter

Salah satu contoh pola menu diet yang salah:

Pagi : separuh jeruk keprok, 2 butir telur, 1 potong daging dan 1 cangkir teh

Siang : separuh jeruk keprok, salad sayuran, daging

Malam : separuh jeruk keprok, salad sayuran, daging

Snack sore : susu skim/jus tomat

Di Indonesia, diet mayo yang salah ini telah berkembang dan menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat selama beberapa bulan terakhir dengan pola menu yang lain lagi. Mengklaim bahwa diet tersebut berasal dari Mayo Clinic, USA. Dengan metode diet tanpa garam yang dilakukan selama 13 hari. Tidak makan garam atau makanan yang mengandung rasa asin dan menjanjikan akan turun 7-8 kg jika mengikuti program tersebut dengan benar. Berikut adalah contoh pola menu diet mayo yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia:

daftar menu diet mayo yang salah

Beberapa hal yang perlu diklarifikasi pada diet mayo yang sedang berkembang tersebut yaitu :

  1. Diet mayo tersebut BUKAN berasal dari Klinik Mayo, USA
  2. Pengaturan diet tanpa garam. Mayo Klinik yang berada di USA tidak pernah menganjurkan diet tanpa garam dan hanya bagi penderita hipertensi saja yang dianjurkan untuk diet rendah garam bukan tanpa garam. Perlu diklarifikasi dalam hal ini garam yang dimaksud adalah hanya garam dapur saja atau kandungan natrium yang ada pada garam yang perlu diperhatikan. Karena sesungguhnya beberapa makanan mengandung natrium tersembunyi seperti MSG, keju, saus, kecap, makanan awetan, makanan kalengan, roti tawar, dll.
  3. Penurunan berat badan drastis yang terjadi pada pelaku diet mayo yang salah (fad diet) baik yang ada di Indonesia maupun mayo diet salah yang berkembang di negara lain yaitu disebabkan karena asupan makanan yang sangat rendah kalori (±800 kcal). Dan ini merupakan diet extrim yang sangat berbahaya jika tidak dikonsultasikan terlebih dahulu oleh ahli kesehatan. Program penurunan berat badan yang aman menurut Klinik Mayo dan American Heart Association yaitu minimal 1200kcal/hr karena asupan <1200kcal/hr dapat menghilangkan beberapa zat gizi dalam tubuh seperti kalsium, zat besi dan protein.
  4. Pola menu diet mayo yang salah tidak mengandung keseimbangan zat gizi dikarenakan menunya yang kurang bervariasi.
  • Mayo Clinic. http://www.mayoclinic.org/healthy-living/weight-loss/in-depth/mayo-clinic-diet/art-20045460
  • Jacqueline L. Longe. The Gale Encyclopedia of Diets. 2008. The Gale Group. Farmington Hills. USA.
  • Rina Novasari, S.Gz (Dietitian MyMeal Catering)

Bagikan artikel ini:

Related Post

24 Comments

  1. ?Iis 31 January 2015 at 11:58 am - Reply

    Mau Coba diet mayo apa disini ada catering nya Mohon info tx

    • mymealcatering 4 February 2015 at 7:46 am - Reply

      Kami tidak menyediakan diet mayo (diet penurunan berat badan) karna diet tersebut belum direkomendasikan oleh medis, terimakasih

  2. Bella 10 March 2015 at 3:59 pm - Reply

    Ka mau nanya kalo kita melakukan diet mayo boleh mengkonsumsi saus dan keju? soalnya saya liat di beberapa blok ada yg menggunkan keju . Thanks

  3. meity 12 March 2015 at 7:50 pm - Reply

    Halo, begitu baca artikel ini baru tau ternyata menu diet mayo yg beredar sekarang belum direkomendasi medis, saya sudah di menu hari ke-4 dan sudah turun berat badan sebanyak 2kg tapi memang perut rasanya agak aneh dengan menu2 ini, sebaiknya bagaimana ya? Trims.

    • mymealcatering 20 March 2015 at 5:42 pm - Reply

      Di Stop saja lebih baik karna penurunan berat bada yang terjadi dalam tubuh ibu adalah kehilangan kadar air dalam tubuh ibu, sedangkan air masih diperlukan

  4. Eddy Wijaya 16 April 2015 at 3:42 pm - Reply

    Kak, mau tanya nih.. Kan untuk diet mayo kita harus menghindari konsumsi garam.. Kalau untuk menunya diberi taburan lada hanya untuk pemberi rasa.. Apakah itu boleh ya ?

    • mymealcatering 21 April 2015 at 8:22 am - Reply

      Boleh, namun untuk lebih jelasnya tentang diet mayo bisa lihat artikel diatas :)

  5. Olle sulkhan 7 May 2015 at 7:37 pm - Reply

    Malem…saya bs minta price list catering ini untuk lunch n dinner,saya tinggal di harapan indah bekasi..makasih

  6. Makanan Populer 26 May 2015 at 12:36 pm - Reply

    Great items from you, man. I’ve understand your stuff prior
    to and you are just extremely excellent. I actually like what you’ve
    obtained right here, certainly like what you’re saying and the way
    during which you assert it. You are making
    it enjoyable and you continue to care for to keep it smart.
    I can not wait to read much more from you. This is really a great website.

  7. dewi mayasari 12 June 2015 at 10:45 am - Reply

    Kak…mau tanya, untuk area surabaya apa ada price listnya?
    Setau saya apabila ingin diet harus menghindari minuman tea dan kopi, sedangkan saya mungkin agak susah menghindari 2 minuman tsb. Karena kalo pagi saya jarang sarapan pagi hanya minum tea dan susu saja. Sedangkan apabila dikantor saya biasanya sering minum kopi karena kalo sudah kena kantuk saya langsung minum kopi. Dan kalo malam saya jarang makan malam. Tapi berat badan masih tetao saja stabil tidak bisa turun.
    Bagaimana y agar bisa cepat turun berat badannya?

    Terimakasih

  8. Sarah 7 August 2015 at 12:38 am - Reply

    Kak itu untuk menu lose it nya tuna nya bisa di ganti yg lain ga ? Misalnya beef atau chiken ? Dan untuk makan malamnya ada batas waktu tertentu ga ? Thanks ka

  9. Sarah 7 August 2015 at 12:40 am - Reply

    Oia dan menu lose it nya itu tetap selama proses diet dan gaada perubahan menu ka ? Terimakasih

    • mymealcatering 7 August 2015 at 9:02 am - Reply

      untuk fase lose it menu protein hewani bisa divariasikan dengan yang lain seperti ayam atau daging sapi. Jadwal makan malam diusahakan 2-3 jam sebelum waktu tidur Anda agar tidak mengganggu sistem pencernaan di lambung. Siklus menu fase lose it setiap hari berbeda akan divariasikan dan disesuaikan dengan personal questioner yang Anda isi.

  10. latifa 6 September 2015 at 10:33 am - Reply

    ka mau nanya. gimana ya cara mengatur diet mayo dengan aktifitas yang padat diluar? masih memerlukan energi yang banyak.

    • mymealcatering 7 September 2015 at 9:50 am - Reply

      dear latifa,
      jika kamu ingin menurunkan berat badan namun tingkat aktifitas kamu cukup tinggi, kami merekomendasikan diet lain yang cocok untuk kamu.
      untuk detail lebih lengkap silakan isi data diri kamu di sini
      setelah data di terima kamu akan segera di hubungi oleh CR kami untuk membantu mencarikan diet yang cocok untuk kamu :)

  11. Nety 16 September 2015 at 8:42 am - Reply

    Kalo lagi masa menyusui gimana apa bisa diet mayo?

  12. latra 28 October 2015 at 2:21 pm - Reply

    Utk ibu menyusui bolehkah ikut diet mayo??

    • mymealcatering 23 November 2015 at 11:24 am - Reply

      Dear latra,
      selama masa menyusui sangat tidak di anjurkan untuk mengikuti program penurunan berat badan.
      karena tentu asupan gizi pada bayi yang di susui akan berkurang.

      terima kasih

  13. vika 17 November 2015 at 2:05 pm - Reply

    jadi, sebenarnya diet mayo yg bener itu gmn ya? apkah bener2 tdk boleh konsumsi garam? atau justru boleh garam,tpi kita mngatur pola mkn?

    • mymealcatering 23 November 2015 at 10:26 am - Reply

      dear Vika,
      setiap diet mempunyai ketentuannya masing-masing.
      salah satunya adalah diet mayo yang memberikan ketentuan untuk tidak memakai garam sama sekali dalam setiap kali makan.
      untuk lebih detailnya, garam itu macamnya banyak ada dalam bentuk garam dapur, garam dalam pengembang, atau garam dalam bentuk pengawet.
      dan untuk diet mayo, hanya garam dapur saja yang di kurangi.

      terima kasih

  14. citra ayu 1 December 2015 at 9:33 am - Reply

    Saya sudah menginjak hari ke 9 dari 14 hari Diet Mayo yang salah. Berat badan saya semula 87.5Kg dan dihari ke 8 menjadi 85.5Kg. Teman dan keluarga berpendapat bahwa saya terlihat pucat karena selama 9 hari ini saya tidak makan sebutir nasi pun, tidak makan makanan yg mengandung garam walaupun sedikit. Dan anehnya selama 9 Diet saya hanya buang air besar sebanyak 2x. Bagaimana sebaiknya ya?

    • mymealcatering 4 December 2015 at 8:53 am - Reply

      dear citra,
      sebelum melakukan diet penurunan berat badan, baiknya di teliti dahulu kebenarannya. salah diet, akan membuat kesehatan menurun dan efeknya setelah melakukan diet tersebut, berat badan akan kembali seperti semula dengan cepat (yo-yo efect).

      metabolisme setiap orang berbeda-beda, maka diet yang di berikan pun berbeda-beda, di sesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing orang.
      untuk citra, sebaiknya menambahkan 5o gram karbohidrat setiap makan.
      setelah paket diet mayo , citra bisa ambil paket weightloss diet di mymeal catering. konsultasi gratis dengan ahli gizi kami disini (^_^)

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo catering diskon 20%