Jeruk merupakan salah satu buah sumber vitamin C dan asam folat yang baik serta mengandung tinggi serat larut air dan mineral kalium. Dalam 100 gr Buah Jeruk mengandung 35mg Vitamin C; 22mcgr Asam Folat; 2 gr Serat; dan 132mg Kalium.
jerukweb2

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah jeruk ini memiliki manfaat yang besar diantaranya:

Menurunkan kadar kolesterol darah
          Jeruk merupakan sumber serat jenis pektin yang dapat menghambat penyerapan lemak dan menurunkan kadar kolesterol.

  • Pertama, pektin akan mengikat lemak yang terdapat dalam makanan sehingga tubuh tidak dapat menyerapnya.
  • Kedua, bakteri yang terdapat dalam usus akan memecah serat ini dan memproduksi asam lemak rantai pendek yang dapat mengurangi produksi kolesterol di dalam hati.

Mengurangi risiko terhadap penyakit stroke
          Penelitian yang telah dilakukan oleh Harvard School of Publis Health menunjukkan bahwa diet tinggi kalium seperti mengkonsumsi pisang dan jeruk dapat menurunkan risiko terhadap stroke. Hal ini dikarenakan kalium dapat menurunkan tekanan dalam pembuluh darah dimana tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke.

Mengurangi risiko terhadap penyakit kanker
          Limonin , merupakan salah satu komponen khas yang terdapat pada ekstra minyak buah-buahan yang tergolong dalam kelompok citrus, seperti jeruk mandarin, lemon dan jeruk nipis.
          Limonin bermanfaat mencegah beberapa jenis kanker terutaman kanker pada saluran pencernaan. Antioksidan limonin ini berfungsi mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh atau menghambat zat karsinogen bereaksi dengan jaringan tubuh serta menghambat mutasi sel dari sel yang sehat menjadi sel kanker.

Mengurangi risiko anak lahir cacat
          Asupan asam folat sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Jeruk merupakan sumber asam folat yang baik sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil.