4.Jika Anda menderita diabetes, Anda lebih mungkin terkena flu.

Benar/salah?

  • Salah

Jika Anda menderita diabetes, Anda tidak lebih mungkin terkena flu daripada rata-rata orang.  Tapi jika Anda terkena flu, Anda akan cenderung menjadi lebih sakit.  Gula darah Anda mungkin naik, dan Anda lebih mungkin mengalami komplikasi. Orang dengan diabetes, sekitar tiga kali lebih mungkin meninggal  karena flu dan pneumonia (radang paru).  Lindungi dirimu sendiri. Selama musim dingin dan flu, cuci tangan lebih sering dan gunakan pembersih tangan berbasis alkohol saat Anda tidak berada di dekat wastafel. Selalu pastikan untuk mendapatkan vaksin flu Anda setiap tahun, sebaiknya pada bulan September, sebelum musim flu dimulai. Pastikan Anda juga memperbaharui vaksin pneumonia Anda.

5.Orang dengan diabetes sebaiknya tidak makan permen atau makanan bergula lainnya.

Benar/salah?

  • Salah

Penderita diabetes bisa makan apapun yang mereka mau – permen, cupcake, pai apel, atau permen lainnya. Selama porsi Anda masuk akal, tidak ada makanan terlarang. Kuncinya adalah makan semua makanan  bergula tersebut secukupnya saja, miliki perencanaan, dan perhatikan karbohidrat total Anda. Misalnya, jika Anda ingin memiliki sepotong kecil kue untuk makanan penutup, ganti rugi dengan melewatkan makanan berkarbohidrat lainnya.   Perlu diingat bahwa banyak permen “diabetes” dan permen bebas gula lainnya, masih memiliki kalori dan karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Bahkan jika ada produk dipasarkan untuk penderita diabetes, jangan pernah beranggapan bahwa produk itu  akan aman untuk dimakan dalam jumlah tak terbatas. .

6.Menyingkirkan semua lemak dari makanan Anda akan memperlambat diabetes.

Benar/salah?

  • Salah

Jika Anda menderita diabetes, Anda seharusnya tidak memangkas semua lemak.  Kurangi lemak jenuh dan trans fat (asam lemak trans) yang tidak sehat – jenis yang ditemukan dalam makanan olahan – tapi pastikan Anda mendapatkan cukup banyak monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) dan polyunsaturated fats (lemak tak jenuh jamak). Mengurangi lemak jenuh akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, komplikasi diabetes yang serius.   Jadi, pilih almond – tinggi lemak sehat – daripada sepotong keju.  Pilih salmon bukan burger. Takaran yang tidak berlebihan masih memegang peranan penting karena lemak sehat pun tinggi kalori. Makan terlalu banyak dan berat tubuh Anda akan naik.