Home » Diet » Diet untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Diet untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Published On: April 17th, 2017/Categories: Diet, Kolesterol/3.1 min read/

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak mengkonsumsi makanan cepat saji tentu saja dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, tentu saja anda harus diet kolesterol tinggi dan menjaga makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Ketahui Nilai BMI Anda Sebelum Mulai Diet. Gunakan Kalkulator BMI (IMT) MyMeal Catering Disini

Kolesterol sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada usia muda pun seseorang bisa menderita kolesterol. Penyebabnya beragam dan salah satunya adalah kurang mengkonsumsi makanan sehat.

Pada dasarnya, diet adalah pengaturan pola makan, sehingga diet kolesterol adalah mengatur pola makan dengan membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Berikut adalah tips melakukan diet kolesterol.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Tidak perlu diragukan lagi, jika Anda ingin lebih sehat sebaiknya Anda mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Kenapa? Karena buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengkonsumsinya lebih banyak maka Anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh.

Salah satu buah yang baik untuk kolesterol adalah tomat. Buah ini mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batasi konsumsi daging merah dan produk susu

Dikutip dari Klik Dokter, daging merah dan produk olahan susu memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, dan disarankan untuk tidak mengonsumsinya jika kolesterol Anda tinggi.

Namun, ada jenis daging dan susu yang aman Anda konsumsi yaitu daging tanpa lemak dan susu skim yang rendah lemak. Selain itu, pilihlah metode memasak daging yang baik selain digoreng, misalnya dipanggang atau di rebus untuk dijadikan sup.

Sedia kacang-kacangan untuk snack

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang mede, kacang walnut, kacang hazelnut) kaya vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung.

Anda harus hati-hati juga ketika membeli kacang-kacangan kemasan untuk cemilan. Jangan makan kacang-kacangan kemasan yang sudah diberi garam dan gula tambahan. Konsumsi jenis kacang-kacangan yang alami dan teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pilih gandum dan kentang sebagai sumber karbohidrat

Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengkonsumsi gandum. Pilih jenis gandum utuh, yang bisa ditemukan dalam sereal dan roti yang terbuat dari bahan gandum.

Selain gandum, kentang bisa jadi sumber karbohidrat Anda ketika sedang diet kolesterol. Namun, kita harus berhati-hati dalam mengolah kentang, karena biasanya kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang rendah, tetapi tinggi lemak. Ketika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dan ingin mengonsumsi kentang, maka yang terbaik adalah kentang rebus dan kentang panggang.

Konsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak. Ikan salmon kaya akan omega-3 untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ikan salmon bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan sekitar 2 porsi dalam seminggu.

Demikian informasi pola makan untuk diet kolesterol tinggi. Jika Anda termasuk penderita kolesterol tinggi dan hendak melakukan diet, Anda dapat mengunjungi dokter atau ahli gizi untuk membantu menyusun menu makanan diet Anda. MyMeal Catering selain penyedia jasa catering sehat juga melayani konsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu kami dapat membantu Anda dalam menjalankan diet kolesterol tinggi dengan baik.

Bagikan artikel ini:

Related Post

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.