Ikuti Tips Ini Agar Tidak Mengantuk Setelah Sahur

By Published On: May 10th, 2021

Tidak sedikit orang yang memilih untuk kembali tidur setelah makan sahur dan sholat subuh. Alasannya, sih, karena sudah bangun lebih awal dari biasanya jadi mengantuk setelah sahur. Seharusnya, kita harus menunda selama 2-3 jam setelah makan agar makanan yang kita konsumsi dapat diolah dengan baik dahulu dalam pencernaan kita, sebelum akhirnya beristirahat.

Namun bagaimana jika rasa kantuk sudah tidak bisa ditahan? Nah, ini dia. Ada lho beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan agar tidak mengantuk setelah sahur.

1. Bergerak sesering mungkin

Hal ini dapat dilakukan dengan berjalan pelan dan juga melakukan pemanasan ringan (stretching) atau juga yoga. Dengan bergerak, kita membangunkan anggota tubuh dan menyiapkan jiwa dan raga kita untuk siap beraktivitas. 

2. Mendapatkan cahaya penerangan yang cukup

Pastikan kita mendapatkan cahaya yang cukup untuk mendukung aktivitas kita, terutama cahaya sinar matahari. Sinar mentari pagi telah teruji dapat meningkatkan rasa senang dan semangat kita.

3. Mendengarkan lagu ataupun menonton

Mendengarkan lagu dengan tempo yang tinggi dan ritme yang cepat bisa membangkitkan rasa semangat kita. Kita dapat dengan mudah mendengarkan musik pop melalui radio ataupun layanan streaming. Kita juga dapat memutar tontonan favorit kita agar tetap terjaga dan semangat menjalani hari.

4. Mandi atau mengaji setelah wudhu dan sholat subuh

Bagian terpenting setelah sahur adalah melakukan sholat subuh. Ketika wudhu, kita dapat menyegarkan muka kita lewat mencuci muka. Selain itu, pastinya yang taat sholat subuh akan merasa lebih semangat. Hayo, jangan dilewati, ya!

Makanan apa saja yang sebaiknya disantap saat sahur?

Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur dapat membangkitkan energi dan semangat kita. Kita dapat menyantap buah-buahan kesukaan kita, misalnya buah pisang dan buah alpukat. Buah pisang mempunyai kandungan vitamin B6, potasium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan energi kita, sedangkan vitamin B, serat dan lemak baik yang dimiliki buah alpukat dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, ubi manis juga bisa dijadikan pilihan hidangan sahur karena ubi manis merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik sehingga rasa kenyang pun lebih tahan lama.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan sumber energi yang cocok untuk disantap saat sarapan dan sahur: 

  • Menu hewani, seperti ikan tuna, ikan salmon, telur.
  • Sayuran hijau, seperti sayur bayam, kale, buah bit.
  • Buah-buahan, seperti buah pisang, buah alpukat, buah apel, buah jeruk, buah stroberi, goji berry.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang mete, kacang kenari.
  • Biji-bijian, seperti biji chia, biji rami, biji labu, biji gandum.
  • Minuman, sepert: air, kopi, teh hijau.
  • Cemilan lainnya, seperti coklat hitam, oatmeal, yogurt.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.