Kolesterol merupakan lemak dalam tubuh yang diproduksi dalam organ manusia seperti hati. Kolesterol juga terdapat pada makanan hewani yang kita konsumsi misalnya telur, susu, produk olahan susu, makanan laut, dan daging. Menurut Alodokter kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat oembuluh darah dan menimbulkan penyakit jantung atau stroke.

Makanan menjadi salah faktor tingginya kolesterol Anda, namun bukan berarti Anda harus menghindari sejumlah pantangan makanan untuk menurunkan kolesterol, kombinasi menu harus yang tepat jika ingin kolesterol Anda berkurang.

Makanan untuk Penderita Kolesterol

Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, tentu saja anda harus diet kolesterol dan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini beberapa menu makanan untuk penderita kolesterol yang dapat Anda coba masak di rumah.

1. Roti Panggang Alpukat

Menu Makanan untuk Penderita Kolesterol: Roti Panggang Alpukat

Foto: Reseppedia

Menurut California Avocado Commission, alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan lain yang Anda konsumsi. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat memberi manfaat yang besar untuk jantung. Alpukat juga bermanfaat untuk menunrunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain alpukat, roti dalam menu ini juga baik untuk penderita kolesterol. Roti yang diutamakan adalah roti gandum, karena gandum termasuk ke dalam sereal begizi yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Anda juga dapat menambahkan sebutir telur sebagai protein tambahan untuk menu ini, dan cocok dihidangkan sebagai sarapan di pagi hari.

2. Grilled Salmon Asparagus

Menu Makanan untuk Penderita Kolesterol: Grilled Salmon Asparagus

Foto: KetoFocus

Tidak semua ikan baik untuk penderita kolesterol, pilihlah yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Ikan salmon dikenal baik untuk kesehatan jantung, mengandung omega-3 dan lemak sehat, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Sementara asparagus termasuk sayuran hijau yang rendah kalori dan tinggi vitamin dan mineral.

Cara membuat masakan ini cukup mudah. Pertama, lumurkan ikan salmon dengan jeruk lemon beserta bumbu seperti garam dan lada, setelah itu ikan dipanggang dengan margarin bersama dengan asparagus. Setelah matang, siap disajikan dengan tambahan potongan tomat cherry jika Anda suka. Penderita kolesterol tidak dianjurkan mengkonsumsi minyak berlebih, untuk itu menu ini cocok karena ikan dan sayuran dimasak dengan cara dipanggang.

Baca juga: Tips Mengendalikan Kolesterol

3. Oatmeal

Menu Makanan untuk Penderita Kolesterol: Oatmeal

Foto: Detik.com

Oat atau gandum merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, oat juga kaya vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Oat telah dikenal karena khasiatnya menurunkan kadar gula serta tekanan darah. Serat yang terdapat dalam oat bermanfaat sebagai sumber energi sehari-hari dan membuat kenyang lebih lama sehingga Anda terhindari dari konsumsi makanan tidak sehat.

Dikutip dari Jovee, oat paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengkonsumsi oat kadar kolesterol jahat dapat turun hingga 6,5 poin tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Oatmeal cocok  disajikan sebagai menu sarapan Anda, apalagi jika ditambah buah seperti stoberi, blueberry, pisang, dan susu almond.

4. Sup Ayam Brokoli

Menu Makanan untuk Penderita Kolesterol: Sup Ayam Brokoli

Foto: Resepharian

Brokoli kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, dan vitamin B6. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak protein serta terdiri dari 90% air, 7% karbohidrat, dan 3% protein. Mengonsumsi brokoli dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Salah satu kreasi brokoli untuk menjadi menu makanan untuk penderita kolesterol adalah sup ayam brokoli. Cara membuatnya mudah seperti sup pada umumnya. Tumis bawang putih dan merah hingga harum kemudian masukkan air, wortel dan irisan daging ayam. Anda dapat tambahkan potongan sosis atau bakso sesuai selera. Masukkan brokoli dan potongan tomat saat air mendidih, diamkan hingga 5 menit kemudian sajikan.

5. Smoothies

Menu Makanan untuk Menurunkan Kolesterol: Smoothies

Foto: Good Housekeeping

Buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengkonsumsinya lebih banyak maka Anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Dilansir dari Kompas, serat dalam beberapa buah-buahan dapat menghalangi kolesterol yang ada pada usus agar tidak terserap ke dalam aliran darah.

Anda dapat membuat smoothie dengan campuran buah pomegranate dan blueberry. Menurut Detik, campuran antara dua buah ini ampuh menjaga kesehatan jantung karena mengandung antioksidan tinggi untuk membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari penyakit. Selain itu, blueberry juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Rekomendasi menu makanan untuk penderita kolesterol di atas dapat Anda gunakan untuk makanan sehari-hari. Anda juga bisa memasak makanan lain menggunakan bahan makanan untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya komsumsi makanan untuk penderita kolesterol seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib menjalani pola hidup sehat yang lain, mulai dari olahraga, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, serta tidak merokok.

Selain itu hindari juga makanan dengan lemak jenuh, misalnya daging berlemak, susu berlemak serta produk olahannya, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng sebab bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Dengan menjalani pola hidup sehat serta teratur konsumsi makanan yang baik untuk kolesterol, diharapkan kadar kolesterol Anda dapat turun hingga normal dan Anda dapat terbebas dari penyakit beresiko seperti serangan jantung serta stroke.

Perlu diperhatikan juga jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda sudah termasuk tinggi, Anda perlu periksa ke dokter dan wajib melakukan diet kolesterol tinggi. Untuk menjaga pola makan, serahkan kepada MyMeal Catering yang dapat membantu turunkan kolesterol Anda dengan Paket Healthy Meal. Anda dapat berkonsultasi gratis dengan ahli gizi kami dan dapatkan menu makanan yang sesuai dengan catatan dokter dan juga makanan favorit Anda.

Konsultasi sekarang!