10.Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 2.5 kg bisa membantu diabetes Anda.

Benar/salah?

Bobot ekstra merupakan faktor risiko untuk diabetes. Ini juga merupakan faktor risiko beberapa komplikasi serius lainnya, seperti penyakit jantung.

 

Mudah berkecil hati jika bobot yang harus Anda buang ternyata banyak. Tapi langkah-langkah kecil akan membuat perbedaan.  Studi telah menemukan bahwa bahkan kehilangan sedikit berat badan saja – hanya 2.5kg  sampai 7kg – dapat menurunkan kadar gula darah. Kehilangan berat badan juga akan memperbaiki tekanan darah Anda, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan keefektifan insulin.

 

11.Jika Anda stres, gula darah Anda mungkin akan meningkat.

Benar/salah?

Stres bisa menjadi masalah bagi penderita diabetes.  Pertama, saat Anda stres, Anda cenderung tidak merawat diri sendiri.  Anda bisa makan dengan buruk, berhenti berolahraga, atau tidak cukup tidur.  Kedua, stres tampaknya memiliki efek langsung pada kadar gula darah, membuatnya tidak seimbang dan tidak berfungsi dengan benar.  Karena tidak seorangpun sanggup menghindari stres sama sekali dalam hidup, pelajari cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya. Olahraga, yoga, dan meditasi semuanya dapat membantu mengurangi stres.  Latih teknik pernapasan yang dapat Anda gunakan kapanpun.  Teknik tersebut bisa menenangkan Anda di tengah keruwetan terkait anak remaja Anda atau setelah pertemuan yang penuh tekanan dengan atasan Anda.

 

12.Mengapa latihan kekuatan penting bagi penderita diabetes?

  • a. Ini membangun kekuatan dan ketangkasan.
  • b. Ini meningkatkan keefektifan insulin.
  • c. Ini mengatur kadar gula darah.
  • d. Semua yang di atas.

 

  • Semua hal di atas.

Selain aktifitas aerobik, usahakan mengangkat beban atau berlatih latihan ketahanan dua sampai tiga kali seminggu. Membangun otot tidak hanya akan membuat Anda lebih kuat. Ini akan meningkatkan keefektifan insulin alami Anda dan kadar gula darah Anda.  Ini juga akan membakar kalori dan membantu mencegah kenaikan berat badan.

 

Anda tidak perlu bergabung dengan gym jika tidak mau. Melakukan senam – seperti push-up – atau menggunakan beban bebas atau pita resistensi di rumah akan bekerja.