Wajib Coba! 5 Makanan Ini Efektif Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

By Published On: May 25th, 2021

Setelah berpuasa selama 30 hari, Lebaran menjadi momen yang senantiasa dinantikan setiap tahunnya bagi banyak orang. Lebaran juga biasanya dibanjiri dengan sajian makanan yang begitu menggugah selera dan begitu menggiurkan. Eitts walaupun lezat dan nikmat, sajian makanan-makanan ini sangat beresiko meningkatkan berat badan yang signifikan!

Untuk mencegah hal itu terjadi Anda harus tetap menjaga kesehatan dan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi agar berat badan tidak naik setelah lebaran. Rekomendasi menu makanan berikut bisa membantu menurunkan berat badan lho, simak penjelasannya berikut ini!

1. Telur

Untuk Anda yang sedang mencari menu diet setelah lebaran, telur dapat menjadi pilihan karena kaya akan protein dan vitamin serta mineral penting. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi juga berperan dalam mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, menyisipkan telur sebagai menu sarapan sehari-hari dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Selain itu, dilansir dari Kumparan, sebuah studi terhadap perempuan dengan berat badan berlebih di tahun 2005 yang berjudul Short-term effect of eggs on satiety in overweight and obese subjects menemukan, bahwa memakan telur untuk sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang secara signifikan dan mengurangi jumlah konsumsi makanan setelahnya. 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda yang hobi ngemil tapi sedang diet atau berencana menjalani program diet. Banyak orang yang menganggap bahwa kandungan lemak dalam kacang bisa menggemukkan, tetapi faktanya tidak demikian. Salah satu jenis kacang yang bisa dijadikan makanan penurun berat badan adalah almond. Almond merupakan jenis kacang yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa membuat Anda merasa kenyang. Kabar baiknya, almond juga menawarkan antioksidan, vitamin E, mangan, dan protein yang dibutuhkan tubuh. Untuk hasil yang maksimal, cobalah makan almond sebelum berolahraga agar tubuh dapat membakar lebih banyak karbohidrat selama latihan.

3. Sayuran hijau

Bagi Anda yang mencari tips diet setelah lebaran, tips yang paling mudah dilakukan yaitu mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan beberapa lainnya termasuk makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran hijau memiliki beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat. Sayuran hijau juga mengandung serat tinggi yang dapat membantu kenyang lebih lama. Dengan begitu, mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk menambah porsi makan, tanpa harus takut menjadi gemuk. Sayuran hijau juga sangat bergizi karena mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalsium yang telah terbukti dapat membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian. 

Selain itu, dilansir dari Fimela, sayuran hijau memiliki sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab kanker. Sayur-sayuran hijau juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Racun tersebut akan dikeluarkan dari saluran pencernaan dengan lancar karena sayur-sayuran juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

4. Buah-buahan

Sudah bukan rahasia umum lagi bila buah-buahan menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa buah penurun berat badan yang bisa Anda coba adalah apel dan pir. Makan buah apel atau pir di antara waktu makan atau tepat sebelum makan ternyata bisa menekan rasa lapar. Hal ini dikarenakan apel mengandung pektin, yaitu serat larut air yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Sementara itu, buah pir mempunyai serat yang cukup untuk melancarkan pencernaan dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu telah makan sesuatu. Meski begitu, orang yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat atau memiliki alergi terhadap buah tertentu mungkin perlu menghindari buah-buahan.

5. Daging rendah lemak

Meskipun mengkonsumsi daging tidak disarankan secara berlebihan, akan tetapi pilihlah yang rendah lemak. Daging rendah lemak adalah makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan karena mengandung protein tinggi. Mengkonsumsi makanan tinggi protein dapat membakar kalori hingga 80-100 Kkal lebih banyak per hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein hingga 25 persen kalori harian dapat mengurangi keinginan ngemil hingga 60 persen dan menyebabkan penurunan berat badan hampir 0,45 kg per minggu. Daging rendah lemak seperti dada ayam dan ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian kamu di tengah program diet yang kamu jalani dan dapat berkontribusi besar terhadap penurunan berat badan.

Untuk menjalankan diet penurunan berat badan, memang tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu disiapkan, mulai dari pemilihan bahan makanan, mengatur pola makan  hingga memastikan makanan yang dikonsumsi sudah memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Bersama MyMeal Anda akan didampingi langsung oleh ahli gizi profesional untuk membantu proses penurunan berat badan, mulai dari konsultasi hingga penentuan jenis diet dan makanan apa yang cocok. MyMeal Catering adalah pilihan yang tepat untuk program diet Anda. Menu makanan yang akan dikonsumsi akan dirancang langsung oleh ahli gizi kami yang nutrisinya akan disesuaikan untuk kebutuhan masing masing customer. Bahan makanan  yang MyMeal gunakan juga terbuat dari bahan yang organik dan tanpa MSG. MyMeal akan antarkan makanan ke rumah atau kantor langsung oleh delivery kami secara gratis tanpa biaya tambahan. Konsultasikan sekarang juga klik disini ya!

Bagikan artikel ini

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.