Menu Diet Mayo

Seperti yang kita ketahui bahwa diet mayo adalah salah satu diet yang sedang trend di berbagai kalangan masyarakat termasuk selebriti. Diet mayo sendiri awalnya di perkenalkan oleh diet mayo clinic USA yaitu sekelompok penelitian media yang berbasis di rochester.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas masalah program diet mayo yang belakangan ini telah menjadi trend di banyak negara termasuk Indonesia.  Tujuannya sama seperti diet-diet lainnya, yaitu pengaturan pola makan yang bertujuan untuk mengurangi berat badan atau mendapatkan berat badan yang ideal.

Beberapa fakta telah membuktikan bahwa dengan melakukan diet mayo selama 14 hari seseorang dapat menurunkan berat badan hingga 13 kg.  sungguh penurunan berat badan yang sangat fantastis tentunya.

Untuk melakukan diet mayo tergolong sederhana dan mudah, yaitu hanya dengan mengatur pola makanan dan minuman untuk dikonsumsi tubuh selama 13 hari. Dan yang terpenting dalam diet ini adalah mengkontrol tubuh dari makanan yang mengandung garam atau yodium. Zat yodium sendiri sangat diperlukan dalam tubuh, namun dalam program diet mayo, seorang dibatasi untuk  mengkonsumsi garamnya.

Pada dasarnya menu diet mayo yang bagus untuk program diet yaitu seperti menu makanan yang seimbang antara sayuran, buah-buahan, protein dan berbagai komponen lainnya yang sehat. Selama anda melakukan diet mayo ini pun ada baiknya agar anda lebih banyak mengkonsumsi air putih, minimam 8 liter dalam sehari. Jika beberapa hal tersebut di lakukan di yakinkan bahwa berat badan anda akan turun cukup drastis dan tubuh anda pun tetap sehat.

Program diet mayo yang berasal dari Klinik Mayo merupakan program pengaturan makan yang berdasarkan pada Piramida Makanan Sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan disertai dengan aktivitas fisik/olah raga teratur. Piramida makanan ini dibuat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Klinik Mayo bersama beberapa universitas ternama. Diet penurunan berat badan dengan prinsip memperbanyak konsumsi sayur dan buah ini telah terbukti tidak akan membuat berat badan kembali naik (efek yoyo).

Program ini dilakukan selama 12 minggu dengan hasil penurunan berat badan ± 1kg/mggu. Selama program ini Anda akan diajarkan mengenai sumber zat gizi yang terkandung dalam beberapa bahan makanan, cara mengontrol porsi/jumlah makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang penting untuk dilakukan. Program ini diluncurkan melalui situs resmi Mayo Clinic pada tahun 2007.

Piramida makanan sehat dari Klinik Mayo ini fokus pada bahan makanan padat yang mengandung energi rendah seperti sayur sayuran dan buah buahan. Sedangkan yang perlu diperhatikan atau dibatasi yaitu bahan makanan padat dengan energi tinggi seperti makanan penutup/tart/kue dan makanan instan yang telah diproses yang cenderung mengandung kadar gula tinggi. Pada gambar piramida di atas dapat dilihat bahwa semakin ke atas nilai energi yang terkandung dalam bahan makanan semakin tinggi dan dianjurkan untuk dibatasi asupannya.

Program penurunan berat badan dari Klinik Mayo terdiri dari 4 level yaitu level 1200kcal/hr untuk wanita, level 1400kcal/hr untuk pria, level 1600kcal/hr untuk wanita dan pria dengan BB 136kg atau lebih, dan 2000kcal/hr untuk mempertahankan atau fase maintenance. Selain pengaturan makan program dari Klinik Mayo ini juga menekankan pada aktivitas fisik. Beberapa aktivitas fisik/olah raga yang dianjurkan yaitu berjalan cepat, berenang, berkebun dan pekerjaan rumah tangga. Aktivitas fisik ini dilakukan minimal 30-60 menit/hr. Berjalan cepat akan membakar kalori 250-340kcal dan berkebun akan membakar 272kcal. Selain dapat membakar kalori, olah raga jalan cepat juga akan meningkatkan fungsi jantung dan pernafasan.

Kombinasi antara pengaturan makan dan aktivitas fisik ini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung dan stroke. Penurunan berat badan yang terjadi hanya merupakan salah satu pengaruh dari program ini.

Sumber : Jacqueline L. Longe. The Gale encyclopedia of diets. 2008. The Gale Group. Farmington Hills. USA.

Selama 14hari ini merupakan fase yang berat karena mulai diperkenalkan 5 kebiasaan sehat yang sebelumnya tidak pernah atau jarang dilakukan serta harus menghilangkan 5 kebiasaan buruk yang tidak sehat. Pada fase ini Anda akan mendapatkan penurunan berat badan ± 2.7 – 4.5 kg.

 

KEBIASAAN SEHAT KEBIASAAN TIDAK SEHAT
Sarapan Makan sambil menonton tv
Mengkonsumsi banyak sayur dan buah Mengemil
Mengkonsumsi karbohidrat baik (gandum) Banyak mengkonsumsi makanan manis
Mengkonsumsi sumber lemak baik Mengkonsumsi sumber lemak jahat
Berolah raga (minimal 30menit setiap hari) Makan di luar (restoran, rumah makan, fast food, dll)

Contoh menu fase Lose It :

Pagi 1 cangkir yogurht + buah
Siang Tuna & Pasta Salad ( tuna, pasta, wortel, zukini, 1sdm mayonaise) + jeruk
Malam Cheese pizza + Green salad (selada, tomat, bombay, jamur)
Snack 1 buah Apel

 

  • Fase Live It :

Fase ini dapat dilakukan seumur hidup. Dalam fase ini Anda akan mempelajari mengenai pemilihan bahan makanan, ukuran porsi makanan, perencanaan menu dan membiasakan gaya hidup sehat yang telah dilakukan pada fase Lose It. Pada fase ini Anda masih dapat menurunkan berat badan ± 0.5 – 1 kg/mgg. Aktivitas fisik atau olah raga yang teratur merupakan kunci utama pada fase ini.

Contoh menu fase Live It :

Pagi Roti bagel+selai strawberry+ pisang+ susu skim
Siang Sup sayuran + Salad + Yogurht
Malam Grilled chicken + baked potato+ steam broccoli+ Pear
Snack Pop corn

 

*Rina Novasari, S.Gz.Dietisien

 

Selain itu jika anda ingin program diet mayo anda lebih berhasil, anda bisa memesan catering menu diet mayo clinic yang kami sediakan. Agar anda tidak perlu bingung dalam menentukan menu apa yang harus anda konsumsi saat melakukan diet mayo tersebut.