Perencanaan makanan bisa tampak menakutkan dengan diabetes tipe 2, namun beberapa panduan sederhana membantu membuatnya lebih mudah. Diabetes tipe 2 adalah kondisi medis yang serius, jadi selalu ikuti rekomendasi diet ahli diet Anda atau yang terdaftar dan tidak mengubah diet Anda saat ini tanpa bimbingan profesional.

Makan Sayuran Yang Tidak Bertepung

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes Tipe 2 harus mengkonsumsi minimal tiga sampai lima porsi sayuran (tidak bertepung) setiap hari. Beberapa sayuran tidak bertepung yang umum termasuk asparagus, jagung bayi, kacang hijau, brokoli, kubis Brussel, wortel, kembang kol, seledri, okra, bawang bombay, paprika, lobak, selada, lemon dan tomat. Semakin banyak Anda makan sayuran non-tepung, semakin baik karena serat, vitamin, mineral dan kandungan karbohidrat rendahnya. Sayuran seperti jagung, kentang, ubi, singkong  dan kacang polong dianggap sayuran bertepung, jadi jangan terlalu sering memakannya.

Makan Protein

Protein dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, makanan laut, unggas, telur dan pengganti daging seperti tahu. American Diabetic Association menyarankan untuk memilih sumber protein yang memiliki sedikit lemak dan kalori jenuh. Selalu ingat bahwa protein dalam bentuk kacang atau kacang polong mungkin mengandung karbohidrat, jadi baca label nutrisi untuk memastikannya. Daging tidak mengandung karbohidrat dan tidak akan menaikkan kadar gula darah Anda.

Jangan Makan Jenuh dan Lemak Trans

Meskipun lemak tidak mempengaruhi gula darah, masih penting bagi penderita diabetes untuk memantau asupan lemak jenuh dan trans karena peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan trans dapat membantu menurunkan kolesterol, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan risiko stroke. Kurang dari 7 persen kalori dalam diet diabetes harus berasal dari lemak jenuh. Penderita diabetes harus mengkonsumsi tidak lebih dari 140 kalori dari lemak setiap hari jika mereka mengikuti diet 2.000 kalori. (bahaya Diet Ketogenik terhadapat penderita diabetes type 2). Penderita diabetes juga harus mengkonsumsi lemak trans sesedikit mungkin. Makanan seperti daging merah, keju, mentega, margarin dan shortening mengandung lemak trans dan jenuh.

Hati-hati dengan Karbohidrat Tersembunyi

American Diabetes Association merekomendasikan untuk membatasi makanan penutup / desert manis dan manis ke acara pesta atau spesial. Hanya satu kaleng cola biasa mengandung jumlah karbohidrat yang sama dengan 10 sendok teh gula. Meski kebanyakan penderita diabetes mengetahui untuk menjauhi makanan manis atau minuman seperti kue dan cola, beberapa makanan dan minuman yang dianggap sehat mengandung sejumlah karbohidrat yang mengejutkan. Cranberry kering mengandung 33 gram karbohidrat dalam satu porsi, atau sepertiga cangkir. Ada 15 gram karbohidrat dalam 8 ons susu non fat.(1 %, 2 %) dan susu full cream. Bahkan saat makan makanan umumnya dianggap “sehat,” baca label nutrisi untuk mengetahui kualitas gizi makanan dan berapa banyak karbohidrat yang bersembunyi di dalamnya. Penderita diabetes bisa minum susu dan buah kering, tapi perlu dijaga atau diperhatikan jumlahnya.