Jenis Makanan untuk Diabetes Tipe 2

Penulis:

mymealcatering

Kategori:

Update:

26 October 2022

Komentar:

0 Comments

Perencanaan makanan untuk penderita diabetes tipe 2 bisa tampak sangat sulit, namun beberapa panduan sederhana membantu membuatnya lebih mudah. Diabetes tipe 2 adalah kondisi medis yang serius, jadi selalu ikuti rekomendasi diet ahli diet Anda atau yang terdaftar dan tidak mengubah diet Anda saat ini tanpa bimbingan profesional.

Makan Sayuran Yang Tidak Bertepung

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes tipe 2 harus mengkonsumsi minimal tiga sampai lima porsi sayuran (tidak bertepung) setiap hari. Beberapa sayuran tidak bertepung yang umum termasuk asparagus, jagung bayi, kacang hijau, brokoli, kubis Brussel, wortel, kembang kol, seledri, bawang bombay, paprika, lobak, selada, lemon dan tomat. Semakin banyak Anda makan sayuran non-tepung, semakin baik karena serat, vitamin, mineral dan kandungan karbohidrat rendahnya. Sayuran seperti jagung, kentang, ubi, singkong dan kacang polong dianggap sayuran bertepung, jadi jangan terlalu sering memakannya.

Makan Protein

Protein dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, makanan laut, unggas, telur dan pengganti daging seperti tahu. American Diabetic Association menyarankan untuk memilih sumber protein yang memiliki sedikit lemak dan kalori jenuh. Selalu ingat bahwa protein dalam bentuk kacang atau kacang polong mungkin mengandung karbohidrat, jadi baca label nutrisi untuk memastikannya. Daging tidak mengandung karbohidrat dan tidak akan menaikkan kadar gula darah Anda.

Baca juga: 5 Makanan Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah

Jangan Makan Jenuh dan Lemak Trans

Meskipun lemak tidak mempengaruhi gula darah, masih penting bagi penderita diabetes tipe 2 untuk memantau asupan lemak jenuh dan trans karena peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan trans dapat membantu menurunkan kolesterol, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan risiko stroke. Kurang dari 7 persen kalori dalam diet diabetes harus berasal dari lemak jenuh. Penderita diabetes harus mengkonsumsi tidak lebih dari 140 kalori dari lemak setiap hari jika mereka mengikuti diet 2.000 kalori. Penderita diabetes juga harus mengkonsumsi lemak trans sesedikit mungkin, contohnya daging merah, keju, mentega, margarin dan shortening mengandung lemak trans dan jenuh.

Hati-hati dengan Karbohidrat Tersembunyi

American Diabetes Association merekomendasikan untuk membatasi makanan penutup / desert manis dan manis ke acara pesta atau spesial. Hanya satu kaleng minuman bersoda biasa mengandung jumlah karbohidrat yang sama dengan 10 sendok teh gula. Meski kebanyakan penderita diabetes paham untuk menjauhi makanan manis atau minuman seperti kue dan minuman bersoda, beberapa makanan dan minuman yang dianggap sehat justru mengandung jumlah karbohidrat yang tidak sedikit. Buah cranberry kering mengandung 33 gram karbohidrat dalam satu porsi, atau sepertiga cangkir. Ada 15 gram karbohidrat dalam 8 ons susu non fat (1 %, 2 %) dan susu full cream. Bahkan saat makan makanan yang umumnya dianggap sehat, Anda tetap perlu membaca label nutrisi untuk mengetahui kualitas gizi makanan dan berapa banyak karbohidrat yang bersembunyi di dalamnya. Penderita diabetes bisa minum susu dan buah kering, tapi perlu dijaga atau diperhatikan jumlahnya.

Itulah daftar aturan makanan untuk penderita diabetes tipe 2. Jika Anda masih kesulitan dalam menentukan jadwal makan dan menu apa saja yang baik dikonsumsi penderita diabetes, Anda bisa berlangganan catering diabetes dari MyMeal Catering. Anda tetap bisa makan makanan favorit Anda, sambil kami bantu untuk menurunkan kadar gula darah Anda.

langganan catering diabetes

Bagikan artikel ini:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel terbaru: