Cara Diet Mayo Sukses

Mayo Diet Plan (Mayo Clinic)
Program diet mayo yang berasal dari Klinik Mayo merupakan program pengaturan makan yang berdasarkan pada Piramida Makanan Sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan disertai dengan aktivitas fisik/olah raga teratur. Piramida makanan ini dibuat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Klinik Mayo bersama beberapa universitas ternama. Diet penurunan berat badan dengan prinsip memperbanyak konsumsi sayur dan buah ini telah terbukti tidak akan membuat berat badan kembali naik (efek yoyo).

Program ini dilakukan selama 12 minggu dengan hasil penurunan berat badan ± 1kg/mggu. Selama program ini Anda akan diajarkan mengenai sumber zat gizi yang terkandung dalam beberapa bahan makanan, cara mengontrol porsi/jumlah makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang penting untuk dilakukan. Program ini diluncurkan melalui situs resmi Mayo Clinic pada tahun 2007.

Piramida makanan sehat dari Klinik Mayo ini fokus pada bahan makanan padat yang mengandung energi rendah seperti sayur sayuran dan buah buahan. Sedangkan yang perlu diperhatikan atau dibatasi yaitu bahan makanan padat dengan energi tinggi seperti makanan penutup/tart/kue dan makanan instan yang telah diproses yang cenderung mengandung kadar gula tinggi. Pada gambar piramida di atas dapat dilihat bahwa semakin ke atas nilai energi yang terkandung dalam bahan makanan semakin tinggi dan dianjurkan untuk dibatasi asupannya.

Program penurunan berat badan dari Klinik Mayo terdiri dari 4 level yaitu level 1200kcal/hr untuk wanita, level 1400kcal/hr untuk pria, level 1600kcal/hr untuk wanita dan pria dengan BB 136kg atau lebih, dan 2000kcal/hr untuk mempertahankan atau fase maintenance. Selain pengaturan makan program dari Klinik Mayo ini juga menekankan pada aktivitas fisik. Beberapa aktivitas fisik/olah raga yang dianjurkan yaitu berjalan cepat, berenang, berkebun dan pekerjaan rumah tangga. Aktivitas fisik ini dilakukan minimal 30-60 menit/hr. Berjalan cepat akan membakar kalori 250-340kcal dan berkebun akan membakar 272kcal. Selain dapat membakar kalori, olah raga jalan cepat juga akan meningkatkan fungsi jantung dan pernafasan.

Kombinasi antara pengaturan makan dan aktivitas fisik ini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung dan stroke. Penurunan berat badan yang terjadi hanya merupakan salah satu pengaruh dari program ini.